KEMAMPUAN TEKNIK ASEPSIS PADA PESERTA PROGRAM STUDI PROFESI DOKTER UNIVERSITAS TARUMANAGARA : PENGGUNAAN DAN PELEPASAN SARUNG TANGAN SECARA STERIL

SAMARA, TRISHA (2019) KEMAMPUAN TEKNIK ASEPSIS PADA PESERTA PROGRAM STUDI PROFESI DOKTER UNIVERSITAS TARUMANAGARA : PENGGUNAAN DAN PELEPASAN SARUNG TANGAN SECARA STERIL. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
TOP.pdf

Download (97kB)
[img] Text
1.pdf

Download (88kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
6.pdf

Download (51kB)
[img] Text
REF.pdf

Download (55kB)
[img] Text
LAMP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan Teknik Asepsis Pada Peserta Program StudiProfesi Dokter Universitas Tarumanagara : Penggunaan dan Pelepasan Sarung Tangan Secara Steril Teknik asepsis adalah suatu tindakan medis yang dilakukan untuk mencegah adanya transmisi mikroorganisme antara personel kesehatan dengan pasien. Kurangnya pengetahuan dan penerapan dari teknik asepsis,fasilitas asepsis, dan rendahnya pengetahuan akan bahaya dari transmisi mikroorganisme dapat menimbulkan tingginya prevalensi dari berbagai macam infeksi salah satunya adalah Health Care Associated Infections(HAI). Salah satu cara terbanyak dari transmisi mikroba adalah adanya kontak langsung antar personel kesehatan dengan pasien. Hal ini dapat dicegah dengan kepatuhan dari personel kesehatan terhadap penerapan dari teknik asepsis tangan yang sesuai dengan WHO Guidelines in Hygiene on Health Care. Salah satu dari beberapa teknik asepsis tangan adalah penggunaan dan pelepasan dari sarung tangan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif cross sectionalyang bertujuan untuk mengetahui apakah peserta Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Tarumanagara dapat melakukan teknik asepsis penggunaan dan pelepasan sarung tangan secara steril sesuai dengan WHO Guidelines in Hygiene on Health Care, mengetahui apakah jumlah rotasi kepaniteraan dan rotasi kepaniteraan bedah berpengaruh terhadap kemampuan dari teknik asepsis, dan mengetahui area tangan yang paling berpengaruh terhadapke tidak steril-an. Hasil penelitian menunjukan 18 subyek (60%) peserta program studi pendidikan dokter tidak dapat melakukan penggunaan dan pelepasan sarung tangan secara steril dan 12 subyek (40%) dapat melakukan teknik asepsis dari penggunaan dan pelepasan sarung tangan secara steril, 13 subyek (43%) yang sudah melewati 14 rotasi kepaniteraan dengan teknik asepsis tidaksteril, 18 subyek (60%) yang sudah melewati kepaniteraan bedah melakukan teknik asepsis tidak steril, dan pergelangan tangan adalah area yang paling berpengaruh terhdapat ke tidak sterilan teknik asepsis penggunaan dan pelepasan sarung tangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Limas, Peter Ian
Uncontrolled Keywords: Teknik asepsis, Program Studi Profesi Dokter
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 04 Aug 2021 07:26
Last Modified: 04 Aug 2021 07:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28568

Actions (login required)

View Item View Item