Tanggung Jawab Pemilik Kapal Dalam Perjanjian Carter Kapal Berdasarkan Waktu di PTTanggung Jawab Pemilik Kapal Dalam Perjanjian Carter Kapal Berdasarkan Waktu di PT Buana Jaya Pratama (Studi Putusan Pengadilan Tinggi Nomor: 745/PDT/2016/PT.DKI.) Buana Jaya Pratama (Studi Putusan Pengadilan Tinggi Nomor: 745/PDT/2016/PT.DKI.)

Jusup, Kenny (2018) Tanggung Jawab Pemilik Kapal Dalam Perjanjian Carter Kapal Berdasarkan Waktu di PTTanggung Jawab Pemilik Kapal Dalam Perjanjian Carter Kapal Berdasarkan Waktu di PT Buana Jaya Pratama (Studi Putusan Pengadilan Tinggi Nomor: 745/PDT/2016/PT.DKI.) Buana Jaya Pratama (Studi Putusan Pengadilan Tinggi Nomor: 745/PDT/2016/PT.DKI.). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Persetujuan Skripsi.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

Setiap kegiatan yang dilakukan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya pasti akan berhubungan dan menggunakan hukum perjanjian. Namun, baik dalam pembuatannya maupun pelaksanaan perjanjian, tidak menutup kemungkinan timbulnya perselisihan atau pertentangan antara manusia manusia yang satu dengan manusia lainnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu norma hukum agar di dalam proses pergaulan hidup antar manusia terdapat kedamaian dan ketertiban. Permasalahan yang menarik untuk diangkat di dalam skripsi ini adalah mengenai tanggung jawab pemilik kapal yaitu PT Buana Jaya Pratama kepada pencarter kapal yaitu PT Haluan Segara Line yang melakukan tindakan wanprestasi ketika perjanjian sewa-menyewa kapal tersebut habisa dan tidak mau membayarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perbuatan pihak PT Haluan Segara Line dengan PT Buana Jaya Pratama dapat dikategorikan sebagai perbuatan wanprestasi dan bagaimana akibat hukum yang ditimbulkannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, sedangkan data yang diperlukan adalah data sekunder yang diperoleh dengan cara studi dokumen. Tipe penelitian yang digunakan adalah identifikasi masalah dan tipe penelitian berfokus masalah. Sebagai kesimpulan, bahwa tindakan yang dilakukan PT Buana Jaya Pratama terhadap PT Haluan Segara Line tersebut dapat dikategorikan sebagai perbuatan wanprestasi yang juga bertentangan dengan tata krama dan kesusilaan dikarenakan bahwa perjanjian tersebut belum jatuh tempo tetapi PT Buana Jaya Pratama menagih apa yang diperjanjikannya sampai kasus tersebut ke pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hanafi Tanawijaya, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Wanprestasi, Carter Kapal
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 07 May 2021 06:55
Last Modified: 07 May 2021 06:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28571

Actions (login required)

View Item View Item