BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES AUDIT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS JASA AUDIT (STUDI EMPIRIK PADA KLIEN KANTOR AKUNTAN PUBLIK THE BIGFOUR DI JAKARTA)

Rahmawati, Anisa (2015) BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES AUDIT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS JASA AUDIT (STUDI EMPIRIK PADA KLIEN KANTOR AKUNTAN PUBLIK THE BIGFOUR DI JAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Globalisasi merupakan suatu era dimana perekonomian dunia semakin terbuka dan menjadi satu kesatuan. Perusahaan menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance sebagai syarat memenangkan persaingan. Kondisi ini mengharuskan auditor sebagai pihak yang independen agar mampu memberikan jasa audit yang berkualitas bagi stakeholder. Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empirik beberapa faktor yang mempengaruhi proses audit dan dampaknya terhadap kualitas jasa audit. Untuk menguji fakta empirik tersebut diperlukan susunan logika dengan Background Theory:Social Class Theory Hegel (1770-1831), Karl Max (1818-1883) dan Charles Darwin (1809-1882), Grand Theory: Conflict Theory John Locke (1632-1704) dan Max Weber (1864-1920), Middle Range Theory: Emile Durkheim (1858-1917), T. Parsons (1927-1973), dan Agency Theory. Unit penelitian ini adalah 102 responden pada Klien Kantor Akuntan Publik The Big Four di Jakarta. Metode alat analisis menggunakan structual equation modelling (SEM) analysis. Hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas, reliabilitas, dan transformasi data ordinal ke data interval menunjukkan hasil: (a) persepsi auditor, kecerdasan emosional, kompetensi, skeptisisme auditor, objektivitas, independensi, integritas, akuntabilitas, profesionalisme, pengalaman kerja, motivasi, gender, teamwork, leadership, budaya organisasi, komitmen organisasi, time budget pressure, dan proses audit sebagai moderating tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas jasa audit (b) Seluruh variabel secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas jasa audit dengan nilai adjusted R square 0,309 atau 30,9% dan sisanya merupakan faktor lain di luar model sebesar 0,691 atau 69,1% Hasil Penelitian ini mempunyai konsistensi dengan seluruh kerangka pemikiran, tinjuan pustaka dan peneliti terdahulu. Adapun saran untuk penelitian : (a) bagi pengembangan ilmu auditing diperlukan penelitian lanjutan diluar model seperti kepribadian auditor, gaya belajar auditor, sistem pengendalian mutu KAP dankepuasankerja (b) untuk auditor dalam KAP perlu meningkatkan kinerjanya untuk menghasilkan kualitas jasa audit yang baik. Kata kunci : Persepsi Auditor, Kecerdasan Emosional, Kompetensi, Skeptisisme Auditor, Objektivitas, Independensi, Integritas, Akuntabilitas, Profesionalisme, Pengalaman Kerja, Motivasi, Gender, Team work, Leadership, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Time Budget Pressure, Proses Audit, Kualitas Jasa Audit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 07 May 2021 06:57
Last Modified: 07 May 2021 06:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28580

Actions (login required)

View Item View Item