FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN PROSES PENCATATAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empirik pada Perusahaan Dagang di Jakarta Barat)

Handoko, Bellavia Febry (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN PROSES PENCATATAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empirik pada Perusahaan Dagang di Jakarta Barat). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

(E) Kemunculan berbagai perusahaan baru pada era ini, membuat semua perusahaan bersaing untuk dapat mempertahankan keberlangsungan usahanya. Salah satu cara mempertahankan keberlangsungan usaha adalah dengan menjaga akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan agar laporan keuangan yang dihasilkan berkualitas. Laporan keuangan yang berkualitas akan membantu pemakainya untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Laporan keuangan yang berkualitas dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empirik faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan. Untuk menguji fakta empirik tersebut, diperlukan susunan logika dengan: Background Theory: Georg Wilhelm Friedrich Hegel (1770-1831), Karl Max (1818-1883), dan Charles Darwin (1809-1882), Grand theory: John Locke (1632-1704) dan Max Weber (1864-1920), Middle theory: Emile Durkheim (1858-1917), Agil Parsons (1927-1973), dan Jensen and Meckling: Agency Theory. Unit penelitian adalah 96 responden pada perusahaan dagang di Jakarta Barat. Metode alat analisis menggunakan path analysis atau gabungan antara korelasi dan regresi untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan. Hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas, reliabilitas, dan transformasi data ordinal ke interval menunjukkan hasil: pengendalian internal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Kompetensi SDM, Kepribadian, kecerdasan emosional, motivasi kerja, team work, budaya organisasi, struktur kepemilikan, komitmen organisasi kepemimpinan, teknologi informasi, struktur organisasi, Good Corporate Governance, segmentasi pasar, penerapan standar akuntansi, dan kualitas audit secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Secara simultan, seluruh variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan sebesarnilai adjusted R square 0,943 atau 94,3% dan sisanya merupakan faktor lain diluar model sebesar 0,057 atau 5,7%. Penelitian ini mempunyai konsistensi dengan seluruh kerangka pemikiran, tinjauan pustaka, dan penelitian terdahulu. Adapun saran untuk penelitian: (a) bagi kebijakan manajemen perusahaan perlu pertimbangan variabel-variabel tersebut untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan, (b) bagi pengembangan ilmu diperlukan penelitian lanjutan di luar model. Kata Kunci : Kompetensi Sumber Daya Manusia, Kepribadian, Kecerdasan Emosional, Motivasi Kerja, Team Work, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Struktur Organisasi, Pengendalian Internal, Kepemimpinan, Teknologi Informasi, Struktur Kepemilikan, Good Corporate Governance, Segmentasi Pasar, Penerapan Standar Akuntansi Keuangan, Kualitas Audit, Kualitas Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 07 May 2021 07:12
Last Modified: 07 May 2021 07:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28592

Actions (login required)

View Item View Item