PENGARUH INOVASI PRODUK, ORIENTASI PASAR, KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA DENGAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UMKM BIDANG FASHION DI JAKARTA BARAT

DEWI, SINTIA (2021) PENGARUH INOVASI PRODUK, ORIENTASI PASAR, KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA DENGAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UMKM BIDANG FASHION DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, orientasi pasar dan keterampilan kewirausahaan terhadap kinerja usaha dengan kompetensi kewirausahaan sebagai variabel mediasi pada UMKM bidang fashion di Jakarta Barat. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang merupakan pemilik usaha mikro kecil dan menengah yang beroperasional di Jakarta Barat. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan software smart partial least square (PLS) versi 3.00. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara inovasi produk, orientasi pasar dan kompetensi kewirausahaan terhadap kinerja usaha namun keterampilan kewirausahaan tidak mempengaruhi kinerja usaha secara positif dan signifikan, selain itu inovasi produk, orientasi pasar dan keterampilan kewirausahaan mempengaruhi kinerja usaha secara positif dan signifikan melalui kompetensi kewirausahaan sebagai variabel mediasi. Kata Kunci: Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keterampilan Kewirausahaan, Kompetensi Kewirausahaan, Kinerja Usaha. Pembimbing: Dr. Sarwo Edy Handoyo, S.E., M.M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 07 May 2021 07:20
Last Modified: 29 Mar 2023 06:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28597

Actions (login required)

View Item View Item