Efektivitas Psikoedukasi dengan Pendekatan Experiential Learning untuk Meningkatkan Well-Being Guru Sekolah Anak Berkesulitan Belajar

Hartanto, Arwin (2018) Efektivitas Psikoedukasi dengan Pendekatan Experiential Learning untuk Meningkatkan Well-Being Guru Sekolah Anak Berkesulitan Belajar. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Well-being merupakan salah satu aspek yang penting dalam dunia pendidikan. Penelitian terdahulu mengenai intervensi yang dapat meningkatkan well-being lebih bersifat individual. Mengingat pentingnya well-being dalam keseharian, diperlukan intervensi untuk meningkatkan well-being pada kelompok. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas psikoedukasi dengan metode experiential learning terhadap peningkatan well-being kelompok guru sekolah berkesulitan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian experimen kuasi dengan satu kelompok pre-test dan post-test. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari lima orang guru di sekolah berkesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria guru SMP sekolah anak berkesulitan belajar. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan kuisioner hasil adaptasi dari PERMA Profiler (Butler & Kern, 2016). Kemudian pengolahan data dilakukan dengan SPSS 15 dan menggunakan metode paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan skor pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai t = -0,701 dengan signifikansi (p) 0,522 > 0,05. Hal ini memperlihatkan bahwa metode experiential learning tidak efektif dalam meningkatkan well-being.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Soemiarti Patmonodewo, Psikolog Rahmah Hastuti, M. Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Well-Being, PERMA, dan Experiential Learning
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 13 Jun 2021 10:29
Last Modified: 13 Jun 2021 10:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28729

Actions (login required)

View Item View Item