Arnando, Rayfin (2021) Evaluasi Kondisi Ruas Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Menggunakan Metode IRAP Untuk Mencapai Star Rating 4 dan 5. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
325150089_RAYFIN ARNANDO_01 Cover.pdf Download (80kB) |
|
Text
325150089_RAYFIN ARNANDO_02 Lembar Pengesahan.pdf Download (13kB) |
|
Text
325150089_RAYFIN ARNANDO_03 Kata Pengantar.pdf Download (57kB) |
|
Text
325150089_RAYFIN ARNANDO_04 Abstrak.pdf Download (10kB) |
|
Text
325150089_RAYFIN ARNANDO_05 Lembar Pernyataan.pdf Download (40kB) |
|
Text
325150089_RAYFIN ARNANDO_06 Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf Download (182kB) |
|
Text
325150089_RAYFIN ARNANDO_Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Text
325150089_RAYFIN ARNANDO_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
325150089_RAYFIN ARNANDO_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
Text
325150089_RAYFIN ARNANDO_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
|
Text
325150089_RAYFIN ARNANDO_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
Text
325150089_RAYFIN ARNANDO_Daftar Pustaka.pdf Download (91kB) |
|
Text
325150089_RAYFIN ARNANDO_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja yang melibatkan pengguna jalan dan mengakibatkan korban atau kerugian. Di Indonesia angka kecelakaan meningkat setiap tahunnya. Banyaknya angka kecelakaan lalu lintas seiring dengan peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang diproduksi dan dijual. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan keselamatan jalan salah satunya dengan mengadopsi model IRAP. IRAP berada pada posisi kegiatan persuasif penanganan sebelum terjadinya kecelakaan. Dalam penelitian ini kondisi eksisting jalan akan menjadi tolak ukur terhadap perhitungan SRS. Berdasarkan hasil perhitungan SRS terhadap 4 moda di Jalan Jenderal Sudirman sepanjang 1 km, nilai eksisting score awal yaitu 4.1 (kendaraan berpenumpang), 4.2 (sepeda motor), 3 (peseda), dan 2.8 (pejalan kaki). Peningkatan star rating dapat dilakukan dengan memberi beberapa penanganan terhadap atribut yang bermasalah yaitu pagar pejalan kaki, rambu sepeda, rambu batas kecepatan 40km/jam, dan rambu di persimpangan. Berdasarkan hasil perhitungan BCR, ke empat penanganan tersebut memiliki nilai lebih dari 1 dimana layak untuk dilakukan. Hasil star rating akhir setelah penanganan terlihat mengalami perubahan yang cukup signifikan yaitu 4.6 (kendaraan berpenumpang), 4.2 (sepeda motor), 3 (pesepeda) dan 5 (pejalan kaki).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan, keselamatan jalan, The International Road Assessment Programme (IRAP), star rating, Benefit Cost Ratio (BCR) |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 19 May 2021 01:57 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 06:38 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28870 |
Actions (login required)
View Item |