Analisis Penurunan Tanah untuk Konstruksi Jalan Tol pada Timbunan Tanah Gambut

Juanda, Aricephine Celline (2021) Analisis Penurunan Tanah untuk Konstruksi Jalan Tol pada Timbunan Tanah Gambut. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325170011_Aricephine_01 Cover.pdf

Download (258kB)
[img] Text
325170011_Aricephine_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (348kB)
[img] Text
325170011_Aricephine_03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (346kB)
[img] Text
325170011_Aricephine_04 Kata Pengantar.pdf

Download (124kB)
[img] Text
325170011_Aricephine_05 Abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text
325170011_Aricephine_06 Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf

Download (175kB)

Abstract

Tiga kepulauan di Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi terendah adalah Sumatera, Kalimantan dan Papua. Dimana ketiga kepulauan ini didominasi oleh tanah gambut, yaitu tanah organik dengan kandungan organik yang sangat tinggi (>75%). Besar kemungkinannya akan terjadi peningkatan laju pembangunan struktur maupun infrastruktur yang mampu memfasilitasi mobilisasi yang berkaitan dengan kegiatan perekonomian seperti jalan tol, sebagai usaha meningkatkan perekonomian ketiga kepulauan ini. Sedangkan konstruksi jalan, khususnya jalan tol di atas tanah gambut masih cukup jarang dilaksanakan di Indonesia, karena lokasi dengan tanah gambut ini biasanya akan dihindari untuk pembangunan. Pembangunan di tanah gambut akan lebih sulit karena memiliki daya dukung yang rendah dan akan mengalami penurunan yang masif. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran atas besar penurunan yang akan terjadi pada lapisan tanah gambut yang menopang penampang jalan tol di atas taanah timbunan pasir dengan ketinggian 4 m, dimana pada lapisan tanah gambut tidak dilakukan usaha perbaikan apapun. Analisis stabilitas lereng untuk timbunan pasir dilakukan dengan program SLOPE/W dan memperoleh faktor keamanan sebesar 0,980 dengan metode Morgenstern-Price. Dan dengan umur rencana pondasi jalan selama 40 tahun, lapisan tanah gambut dan timbunan pasir akan mengalami penurunan sebesar 3,0844 m.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 19 May 2021 02:04
Last Modified: 19 May 2021 02:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28873

Actions (login required)

View Item View Item