Analisis Kapasitas dan Kecepatan Arus Bebas Berdasarkan MKJI di Ruas Jalan Gato Subroto Jakarta

Raudah, Zahwa Nur (2021) Analisis Kapasitas dan Kecepatan Arus Bebas Berdasarkan MKJI di Ruas Jalan Gato Subroto Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325150206_ZAHWA N.R_01 Cover.pdf

Download (29kB)
[img] Text
325150206_ZAHWA N.R_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (26kB)
[img] Text
325150206_ZAHWA N.R_03 Kata Pengantar.pdf

Download (66kB)
[img] Text
325150206_ZAHWA N.R_04 Abstrak.pdf

Download (66kB)
[img] Text
325150206_ZAHWA N.R_05 Lembar Pernyataan.pdf

Download (32kB)
[img] Text
325150206_ZAHWA N.R_06 Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf

Download (123kB)
[img] Text
325150206_Zahwa Nur Raudah_Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
325150206_Zahwa Nur Raudah_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img] Text
325150206_Zahwa Nur Raudah_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
325150206_Zahwa Nur Raudah_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
325150206_Zahwa Nur Raudah_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
325150206_Zahwa Nur Raudah_Daftar Pustaka.pdf

Download (8kB)

Abstract

Kemacetan yang terjadi disalah satu ruas jalan Ibu Kota disebabkan banyaknya pengemudi kendaraan roda empat maupun roda dua yang memenuhi ruas jalan tersebut, sehingga volume/arus meningkat yang mengakibatkan terjadinya kepadatan pada ruas jalan tersebut. Pada penelitian ini, akan dibahas mengenai kapasitas dan kecepatan arus bebas di ruas jalan Gatot Subroto di kedua arah. Jalan Gatot Subroto merupakan salah satu akses pengguna jalan untuk menuju perkantoran, pusat perbelanjaan, dan tempat Pendidikan. Data yang dibutuhkan untuk menghitung kapasitas dan kecepatan arus bebas adalah volume kendaraan,kecepatan dan kepadatan ruas jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi langsung di Jalan Gatot Subroto pada pagi hari, siang hari, dan sore hari, masing - masing setiap 2 jam dengan interval waktu 15 menit. Perhitungan pada penelitian menggunakan metode MKJI 1997 dan juga metode Greenshield. Didapat dari model Greenshield koefisien determinasi tertinggi pada saat pagi hingga sore hari dengan R2= 0,9943 dengan persamaan matematis VS = 40,011 – 0,0396 D untuk arah 1 (Sebrang JCC Senayan) dan kapasitas jalan (C) = 10107 smp/jam sedangkan koefisien detereminasi yang digunakan untuk arah 2 yaitu R^2 = 0,9193 dengan persamaan matematis VS = 66,9928 – 0,1583 D untuk arah 2 (Depan JCC Senayan) kapasitas jalan (C) = 7088 sm/jam. Dengan menggunakan metode MKJI 1997 didapat nilai Kapasitas Jalan (C) = 4890,6 smp/jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gatot Subroto, Kapasitas, Kecepatan , MKJI, Greenshield
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 19 May 2021 02:52
Last Modified: 25 Sep 2021 04:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28905

Actions (login required)

View Item View Item