HUBUNGAN KADAR ALBUMIN PLASMA DENGAN HBA1C PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 YANG TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL DI RUMAH SAKIT ROYAL TARUMA JAKARTA BARAT TAHUN 2018 - 2019

GAPUTRI, FELYN (2019) HUBUNGAN KADAR ALBUMIN PLASMA DENGAN HBA1C PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 YANG TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL DI RUMAH SAKIT ROYAL TARUMA JAKARTA BARAT TAHUN 2018 - 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
GAPUTRI, FELYN 405160041.pdf

Download (583kB)

Abstract

Diabetes Mellitus merupakan suatu penyakit metabolik yang ditandai dengan ditemukannya peningkatan kadar glukosa darah akibat resistensi insulin. Penyakit tersebut dapat mempengaruhi terutamakadar HbA1C serta albumin plasma sebagai salah satu komplikasinya. Peneliti ingin mengetahui bagaimana hubungan antara kadar HbA1C dan kadar albumin serta prevalensi berdasarkan kadar HbA1C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari kadar HbA1C terhadap kadar albumin pada pasien terdiagnosis DM tipe 2 di Rumah Sakit Royal Taruma Jakarta Barat. Penelitian ini bersifat analitik kategorik dengan desain case studydan pengambilan sampel dilakukan secara non random sampling. Subyek Penelitian adalah 84 pasien yang menderita diabetes mellitus tipe 2. Pengumpulan data menggunakan data dari rekam medik yang dilihat yaitu usia, jenis kelamin, kadar HbA1C, dan kadar Albumin. Hasil analisis Chi-Square menunjukkan hasil adanya hubungan bermakna antara kadar HbA1C dan kadar Albumin (p=0,002). Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan kadar HbA1C dalam mempengaruhi kadar albumin berdasarkan hasil statistik pada Rumah Sakit Royal Taruma Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pangalila, Frans J.V.
Uncontrolled Keywords: diabetes mellitus tipe 2, HbA1C, albumin
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2021 03:42
Last Modified: 19 Dec 2022 09:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28927

Actions (login required)

View Item View Item