Harsvardan, Verell Rengga (2021) Desain Ulang dan Analisis Respons Struktural Perkerasan Lentur pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
325160117_Verell Rengga Harsvardan_01 Cover.pdf Download (312kB) |
|
Text
325160117_Verell Rengga Harsvardan_02 Lembar Pengesahan.pdf Download (32kB) |
|
Text
325160117_Verell Rengga Harsvardan_03 Kata Pengantar.pdf Download (123kB) |
|
Text
325160117_Verell Rengga Harsvardan_04 Abstrak.pdf Download (10kB) |
|
Text
325160117_Verell Rengga Harsvardan_05 Lembar Pernyataan.pdf Download (34kB) |
|
Text
325160117_Verell Rengga Harsvardan_06 Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf Download (646kB) |
|
Text
325160117_Verell Rengga Harsvardan_Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
|
Text
325160117_Verell Rengga Harsvardan_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
325160117_Verell Rengga Harsvardan_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
325160117_Verell Rengga Harsvardan_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
325160117_Verell Rengga Harsvardan_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
|
Text
325160117_Verell Rengga Harsvardan_Daftar Pustaka.pdf Download (124kB) |
|
Text
325160117_Verell Rengga Harsvardan_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini akan mendesain ulang perkerasan lentur pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek ruas Kalihurip-Cikampek menggunakan tiga pedoman desain perkerasan lentur yang berlaku di Indonesia yaitu Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur 2002, Manual Desain Perkerasan Jalan 2013, dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, serta menganalisis respons struktral yang terjadi berupa regangan horisontal dan vertikal, yang merupakan komponen utama dalam menghitung nilai repetisi izin terhadap kerusakan fatik (Nf) dan kerusakan retak alur (Nd), diolah menggunakan program KENPAVE. Selanjutnya akan membandingkan hasil perhitungan tebal perkerasan lentur dari ketiga metode tersebut dan membandingkan nilai repetisi izin terhadap kerusakan fatik (Nf) dan kerusakan retak alur (Nd) serta umur masa pelayanan perkerasan jalan dari ketiga metode tersebut. Dengan tujuan mencapai ketepatan dalam merancang suatu perkerasan jalan, maka metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu mekanistik-empiris. Data primer berupa volume lalu lintas didapat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan LHR0 dimulai pada tahun 2020 dengan memperhitungkan pertumbuhan lalu lintas dari tahun 2020 sampai 2035, serta data sekunder digunakan asumsi dengan tetap mengacu pada peraturan dan penelitian sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode 2002 menghasilkan tebal perkerasan terbesar, sedangkan metode 2013 dan 2017 menghasilkan tebal perkerasan yang relatif sama. Namun metode 2002 menghasilkan repetisi izin terhadap kerusakan fatik (Nf) dan kerusakan retak alur (Nd) terbesar. Serta metode 2002 menghasilkan umur masa pelayanan terbesar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode 2017 menghasilkan desain paling optimal, karena sesuai dengan desain rencana awal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perkerasan lentur, respons struktural, KENPAVE |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 19 May 2021 04:20 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 05:35 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28950 |
Actions (login required)
View Item |