PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN STRAWBERRY (FRAGARIA VESCA L.) TERHADAP KADAR MALONDIALDEHID (MDA) PARU DAN DARAH TIKUS SPRAGUE DAWLEY SETELAH DIINDUKSI HIPOKSIA

MARGARETHA, OLIVIA (2019) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN STRAWBERRY (FRAGARIA VESCA L.) TERHADAP KADAR MALONDIALDEHID (MDA) PARU DAN DARAH TIKUS SPRAGUE DAWLEY SETELAH DIINDUKSI HIPOKSIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hipoksia adalah suatu keadaan berkurangnya kadar oksigen yang menyebabkan peningkatan ROS sehingga terjadi stres oksidatif yang memicu terjadinya peroksidasi lipid (marker MDA) dan berdampak pada organ paru sehingga dapat menimbulkan penyakit seperti PPOK. Maka dibutuhkan antioksidan seperti daun strawberry (Fragaria vesca L.) untuk menghambat terjadinya stres oksidatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun strawberry terhadap kadar malondialdehid (MDA) paru dan darah tikus Sprague Dawley setelah diinduksi hipoksia. Penelitian dilakukan secara in vitro yaitu skrining fitokimia, kapasitas antioksidan dengan DPPH, uji fenolik (Singleton & Rossi), uji alkaloid (Trivedi et al) serta uji toksiksitas (Meyer) dan juga in vivo dengan tikus Sprague Dawley yang dibagi menjadi kelompok yang diberi ekstrak daun strawberry (400 mg/kgBB/hari; 14 hari) dan tidak diberi ekstrak dengan durasi perlakuan normoksia, hipoksia (8% O2, 92% N2) 1, 7, 14 hari. Dilakukan pemeriksaan MDA (Wills E.D) dan pemeriksaan histopatologi paru (HE) dengan pembesaran 40 dan 100 kali. Pada uji fitokimia (alkaloid, antosianin dan betasianin, kardio glikosida, coumarins, flavonoid, glikosida, fenolik, kuinon, steroids, terpenoids, tanin ) didapatkan hasil positif, uji kapasitas antioksidan IC-50 125.58 μg/mL, kadar fenolik 508.493 μg /L, alkaloid 29.679 μg/L, dan uji toksisitas LC-50 21.606 μg/mL. Terdapat peningkatan bermakna (t-test, p<0.05) kadar MDA pada darah dan paru tikus Sprague Dawley yang diinduksi hipoksia 1, 7, dan 14 hari dibandingkan dengan normoksia pada semua kelompok. Kelompok yang tidak diberi ekstrak daun strawberry memiliki kadar MDA yang lebih tinggi. Terdapat korelasi bermakna antara paru dengan darah tikus yang diberi maupun yang tidak diberi ekstrak daun strawberry. Histopatologi paru yang diinduksi hipoksia dan tidak diberi ekstrak daun strawberry menunjukkan paru mengalami pneumonia dan peribronkeolitis sedangkan yang diberi ekstrak kerusakannya minimal. Dapat disimpulkan bahwa daun strawberry memiliki efek antioksidan dan antikanker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Limanan, David
Uncontrolled Keywords: Fragaria vesca L., Stres Oksidatif, Malondialdehid (MDA), Antioksidan, Paru.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 01:55
Last Modified: 28 May 2024 01:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28977

Actions (login required)

View Item View Item