PENGARUH EKSTRAK BUAH KRANBERI TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK KATALASE (EC 1.11.1.6) DARAH DAN PARU TIKUS YANG DIINDUKSI HIPOKSIA

KELVIN, KELVIN (2019) PENGARUH EKSTRAK BUAH KRANBERI TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK KATALASE (EC 1.11.1.6) DARAH DAN PARU TIKUS YANG DIINDUKSI HIPOKSIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
KELVIN 405160181.pdf

Download (4MB)

Abstract

Stres oksidatif adalah keadaan dimana terjadi ketidakseimbangan antara oksidan dan antioksidan, sehingga menyebabkan kematian sel. Kematian sel ini menyebabkan penurunan enzim katalase (antioksidan endogen), sehingga dibutuhkan antioksidan eksogen seperti buah Kranberi (Vaccinium macrocarpon Aiton). Dalam penelitian ini, dilakukan dua macam uji untuk mengetahui pengaruh Kranberi tersebut, yaitu uji secara in vitro : uji fitokimia, uji kapasitas antioksidan, Total Phenolics Content, Total Alkaloids Content, uji toksisitas dan uji secara in vivo : uji aktivitas spesifik enzim katalase menggunakan tikus Sprague-Dawley yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok uji yang diberikan ekstrak buah Kranberi dan kelompok kontrol yang tidak diberikan ekstrak buah Kranberi. Masing-masing kelompok dibagi menjadi empat subkelompok yaitu normoksia, hipoksia 1 hari, 7 hari dan 14 hari. Dari hasil penelitian: uji fitokimia mengandung alkaloids, anthocyanin dan betacyanin, cardio glycosides, coumarins, flavonoids, glycosides, phenolics, quinones, saponins, steroids, terpenoids dan tannins; uji kapasitas antioksidan (IC50 = 49.76 µg/mL); total phenolics content (351.64 µg/mL); total alkaloids content (65.54 µg/mL) dan uji toksisitas (LC50 = 153.08 µg/mL). Aktivitas spesifik enzim katalase darah dan organ paru uji maupun kontrol didapatkan penurunan seiring lamanya perlakuan hipoksia dan menunjukkan hasil yang lebih tinggi pada uji dibandingkan kontrol. Ada hubungan antara katalase darah dan organ paru. Pada histopatologi paru tampak kerusakan yang lebih parah pada kelompok kontrol dibandingkan uji karena terdapat infiltrasi sel mononuklear dan alveolus yang melebar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ferdinal, Frans
Uncontrolled Keywords: Stres oksidatif, katalase, darah, paru, Vaccinium macrocarpon Aiton
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:40
Last Modified: 15 Dec 2022 04:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28985

Actions (login required)

View Item View Item