Perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa layanan internet / Edo Tandani

Tandani, Edo (2017) Perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa layanan internet / Edo Tandani. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANEGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyak pelaku usaha penyedia jasa layanan internet yang melanggar hak-hak konsumen seperti PT. Telekomunikasi Indonesia, tbk. (yang selanjutnya disebut dengan ?Telkom?) dan FirstMedia. Telkom dengan produknya Indihomefiber yang memuat paket internet telah mengubah kebijakan sepihak mengenai Fair Usage Policy (FUP) pada paket internetnya. FUP adalah kebijakan penurunan kecepatan internet untuk mengunggah atau mengunduh sesuatu. Sedangkan pihak FirstMedia yang telah melakukan kenaikan tarif sebanyak 40% secara sepihak tanpa adanya konfirmasi dari pelanggan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1. Apa bentuk-bentuk pelanggaran hak konsumen yang dilakukan oleh pelaku usaha penyedia jasa layanan internet. 2.Apa bentuk perlindungan hukum bagi konsumen jasa layanan internet yang haknya dilanggar oleh pelaku usaha. Teori yang dipilih dalam menulis skripsi ini adalah 1. Konsumen. 2. Pelaku Usaha. 3.Pemerintah. 4.Barang dan/atau Jasa. 5. Teori Perlindungan Hukum. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah yuridis normatif. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelaku usaha melakukan pelanggaran hukum yang menyebabkan konsumen rugi disertai pelayanan yang memberikan kekecewaan kepada konsumen seperti nilai tukar yang berbeda dengan kondisi jasa serta perubahan prosedur secara sepihak oleh pihak pelaku usaha. Bentuk perlindungan hukum yang dapat diberikan kepada konsumen adalah perlindungan hukum preventif dan represif. Perlindungan hukum yang diterima oleh konsumen hanyalah berupa perlindungan hukum preventif dengan adanya Undang-Undang yang mengatur mengenai perlindungan konsumen yaitu UUPK. Perlindungan Represif belum dapat ditemukan dikarenakan belum adanya pengajuan gugatan terhadap pelaku usaha oleh konsumen kepada BPSK ataupun Pengadilan Negeri atas pelanggaran hak konsumen. Saran yang dapat dikemukakan adalah Pelaku Usaha penyedia jasa layanan internet sebaiknya menjaga pelayanannya dengan baik serta menjalankan kewajibannya tanpa melanggar hak-hak dari konsumen. Konsumen sebaiknya dapat bersikap lebih cerdas dan cermat dalam memilih pelaku usaha jasa pelayanan internet

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 04 Jul 2018 09:24
Last Modified: 04 Jul 2018 09:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item