Peranan Ikatan Notaris Indonesia (Ini) Terhadap Pengawasan Notaris Dalam Pelaksanaan Tugas Jabatan Notaris Di Provinsi Dki Jakarta

Stephanie, Stephanie (2018) Peranan Ikatan Notaris Indonesia (Ini) Terhadap Pengawasan Notaris Dalam Pelaksanaan Tugas Jabatan Notaris Di Provinsi Dki Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
tanda persetujuan skripsi siap diuji.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Tanda Pengesahan Skripsi.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (119kB)
[img] Text
COVER LOGO DAN NON LOGO.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Dafpus.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Ikatan Notaris Indonesia (INI) terhadap pengawasan Notaris dalam pelaksanaan tugas jabatan Notaris di wilayah DKI Jakarta. Notaris dalam melaksanakan tugas jabatannya tidak lepas dari kode etik yang telah ditetapkan dan wajib dilaksanakan oleh setiap Notaris yang ada. Ikatan Notaris Indonesia (INI) sebagai satu-satunya wadah organisasi Notaris tentu memiliki peranan penting dalam bidang pengawasannya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode hukum normatif. DKI Jakarta sebagai pusat pemerintahan tentu memiliki peluang yang lebih besar dalam hal terjadinya suatu pelanggaran, dalam hal ini pelanggaran kode etik, seperti tidak menghormati dan menjunjung tinggi harkat dan martabat notaris sehingga dibutuhkan pengawasan lebih maupun penjelasan mengenai Etika Profesi Notaris. Dibutuhkan pengawasan yang tepat dari Ikatan Notaris Indonesia (INI) dimana selain pemberian teguran juga diperlukan sanksi yang tegas yang dapat memberi efek jera bagi Notaris yang melanggar supaya tidak terjadi lagi kesalahan yang sama dan nama baik Notaris akan terus terjaga. Ikatan Notaris Indonesia sangat diharapkan dapat memberi peranan penting dalam hal ini untuk perkembangan Notaris Indonesia terutama DKI Jakarta yang lebih baik lagi dan berperan penting dalam pengawasan Notaris di DKI Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Endang Pandamdari, S.H., C.N., M.H.
Uncontrolled Keywords: Ikatan Notaris Indonesia, Kode Etik Notaris, Pengawasan Notaris.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 19 May 2021 06:40
Last Modified: 19 May 2021 06:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28990

Actions (login required)

View Item View Item