PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN STRAWBERRY (FRAGARIA VESCA L) TERHADAP KADAR MALONDIALDEHID (MDA) PADA GINJAL DAN DARAH TIKUS YANG TELAH DIINDUKSI HIPOKSIA

KINANTYA, NADA FADILA (2019) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN STRAWBERRY (FRAGARIA VESCA L) TERHADAP KADAR MALONDIALDEHID (MDA) PADA GINJAL DAN DARAH TIKUS YANG TELAH DIINDUKSI HIPOKSIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
KINANTYA, NADA FADILA 405160156.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ginjal merupakan organ ekskresi yang penting bagi tubuh manusia. Menurunnya suplai oksigen dalam sel akan menghasilkan suatu keadaan hipoksia yang dapat memicu peningkatan produksi ROS (Reactive Oxygen Species). Peningkatan ROS yang melebihi kapasitas antioksidan tubuh akan menyebabkan keadaan stress oksidatif. Keadaan ini dapat mengakibatkan terjadinya peroksidasi lipid ditandai dengan meningkatnya kadar MDA dan dapat berdampak pada kerusakan organ ginjal. Maka tubuh membutuhkan antioksidan alami seperti daun stroberi (Fragaria vesca L) untuk menghambat terjadinya stres oksidatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun stroberi terhadap kadar malondialdehid (MDA) pada ginjal dan darah tikus sprague dawley setelah diinduksi hipoksia. Penelitian ini dilakukan secara in vitro terdiri dari fitokimia, DPPH, uji fenolik uji alkaloid serta uji toksiksitas dan secara in vivo dengan menggunakan 32 ekor tikus Sprague dawley (n=4) terdiri dari kelompok tidak diberi ekstrak daun stroberi dan diberi ekstrak daun stroberi (400mg/kgBB/hari) dengan durasi perlakuan normoksia dan hipoksia (10% O2, 90% N2) 1, 7, 14 hari. Metode yang digunakan untuk MDA adalah metode Wills E.D dan pemeriksaan histopatologi ginjal dengan pewarnaan HE pembesaran 10 dan 40 kali. Pada uji fitokimia kualitatif daun stroberi mengandung fenolik 50,930 µg/mL, alkaloid 29,941 µg/mL, peningkatan kadar MDA yang signifikan (p<0,05) dalam darah dan ginjal kontrol dan kelompok uji dengan hipoksia dibandingkan dengan normoksia. Peningkatan kadar MDA yang signifikan (p<0,05) dalam darah kontrol dibandingkan dengan kelompok uji pada hipoksia 1, 7, 14 hari. Terdapat korelasi antara kadar malondialdehide darah dan ginjal dari kelompok kontrol dan uji (p <0,05). Dapat disimpulkan bahwa daun stroberi memiliki efek antioksidan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ferdinal, Frans
Uncontrolled Keywords: Fragaria vesca L, Hipoksia, Reactive Oxygen Species, Stres Oksidatif, MDA, Antioksidan, Ginjal
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:48
Last Modified: 12 Dec 2022 09:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28996

Actions (login required)

View Item View Item