Perlindungan Konsumen Dalam Penerapan Batas Kewenangan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Menyelesaikan Perkara Konsumen

Tiffany, Takenia (2018) Perlindungan Konsumen Dalam Penerapan Batas Kewenangan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Menyelesaikan Perkara Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER LUAR.pdf

Download (35kB)
[img] Text
tanda persetujuan.pdf

Download (91kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR ISI 1.pdf

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK 2.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (VER2).pdf

Download (26kB)

Abstract

UUPK mengatur mengenai perlindungan hukum terhadap konsumen dan termaksud di dalamnya mengatur mengenai BPSK yang berwenang untuk menyelesaikan sengketa konsumen yang merasa dirugikan atas tindakan pelaku usaha yang terkadang sewenang-wenang, namun keputusan yang diambil oleh BPSK seringkali memberatkan pelaku usaha, dan biasanya terkesan melampaui batas kewenangan bahkan salah dalam menerapkan hukumnya. Kewenangan BPSK untuk mengadili dan memutus suatu sengketa tersebut terinduksi oleh putusan MA yang membuat kewenangan BPSK terbatas. Karena itu penulis mengajukan permasalahan tentang bagaimana batas kewenangan BPSK dalam menyelesaikan perkara konsumen? dan bagaimana penerapan dan pendapat hukum MA mengenai pembatasan kewenangan BPSK? Penulis meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif yang menggunakan data sekunder. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan berupa batas kewenangan BPSK dalam menyelesaikan perkara konsumen adalah terbatas pada perjanjian antara konsumen dan pelaku usaha, dalam arti bahwa MA berpendapat seluruh transaksi yang didasari oleh perjanjian menjadi kewenangan pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Anna Maria Tri Anggraini, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Batas Kewenangan, BPSK
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 19 May 2021 06:47
Last Modified: 19 May 2021 06:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28997

Actions (login required)

View Item View Item