Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Pembongkaran Rumah Dan Sertifikat Yang Tidak Selesai Dalam Pembelian Rumah Secara Kredit (Studi Kasus Jual Beli Rumah Di Cikarang)

Putri, Tia Monica Ifana (2018) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Pembongkaran Rumah Dan Sertifikat Yang Tidak Selesai Dalam Pembelian Rumah Secara Kredit (Studi Kasus Jual Beli Rumah Di Cikarang). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
2. TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (621kB)
[img] Text
3. TANDA PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (680kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI TIA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
6. ABSTRAK TIAA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)

Abstract

Perumahan merupakan kebutuhan dasar manusia, baik untuk tempat tinggal, tempat usaha, dan lain sebagainya, rumah dapat diperoleh dengan pemindahan hak antara lain seperti jual beli, tukar menukar, dan hibah atau dengan sewa menyewa. Untuk memiliki rumah tidak sedikit orang yang memesan atau melakukan pembayaran dengan cicilan atas rumah yang sudah jadi. Dalam hal melakukan transaksi jual beli secara cicilan, maka kedua belah pihak akan membuat suatu Akta Jual Beli yang berisi mengenai hak-hak dan kewajiban keduanya. Salah satu kasus yaitu Tn Andi Anwar selaku PT X menjual rumah kepada Tn Bronson Nainggolan sesuai dengan Akta Jual Beli Nomor. 755 2009 secara kredit pada Bank melalui sistem KPR, selama proses cicilan berlangsung, suatu hari pembangunan perumahan tersebut dialihkan kepada PT Y, dalam hal ini terjadinya masalah rumah konsumen yang dirubuhkan oleh PT Y, permasalahannya adalah Bagaimana bentuk Perlindungan Hukum bagi konsumen terhadap pembongkaran rumah dan sertifikat yang tidak selesai dalam pembelian rumah secara kredit dalam kasus tersebut? Penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif dan data primer serta skunder serta didukung oleh wawancara dalam penelitian ini. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 19 mengenai tanggung jawab pelaku usaha mewajibkan pelaku usaha untuk melindungi hak-hak konsumen dan memberikan ganti kerugian bila terjadi kerugian atas barang dan/atau jasa yang diperdagangkan, tetapi sampai saat ini tidak ada tindakan lebih lanjut mengenai pembongkaran rumah konsumen tersebut, dan sampai saat ini konsumen belum mendapatkan ganti kerugian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. A.M. Tri Anggraini, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Pengembang Dalam Hal Pembongkaran Rumah Secara Sepihak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 19 May 2021 06:52
Last Modified: 19 May 2021 06:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29002

Actions (login required)

View Item View Item