Pelaksanaan Mekanisme Penyelesaian Sengketa Antara Bank Bank Dengan Nasabah Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan (Contoh Kasus : Hengky Budiono VS Bank CIMB Niaga Tahun 2015)

Kezia, Tiffany (2018) Pelaksanaan Mekanisme Penyelesaian Sengketa Antara Bank Bank Dengan Nasabah Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan (Contoh Kasus : Hengky Budiono VS Bank CIMB Niaga Tahun 2015). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (214kB)
[img] Text
TANDA PERSETUJUAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
tanda pengesahan.pdf

Download (550kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

Pada tanggal 31 Desember 2013, OJK mengeluarkan POJK No.1/POJK.07/2013 untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen di Sektor Jasa Keuangan termasuk nasabah di bank. Materi muatan dari peraturan ini antara lan adalah mengenai prosedur penyelesaian sengketa antara bank dengan nasabah yang cukup banyak terjadi dalam sektor perbankan sehingga dapat dilaksanakannya prosedur penyelesaia sengketa oleh kedua belah pihak dan nasabah dapat memperoleh pelindungan hukum karena kerugian yang terjadi. Akan tetapi, bagaimana pelaksanaan mekanisme penyelesaian sengketa antara bank dengan nasabah berdasarkan POJK No.1/POJK.07/2013? Bagaimanakah bentuk pelindungan hukum yang diberikan kepada nasabah? Penulis meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode penelitian normatif. Data hasil penelitian memperlihatkan POJK No.1/POJK.07/2013 sudah dilaksanakan dengan baik oleh bank dan OJK sebagai penegak huku, tetapi nasabah yang dalam kajian ini adalah Bapak Hengky Budiono belum melaksankannya karena bersikap tidak peduli. Bank memberikan pelindungan hukum kepada nasabahnya sesuai dengan undang-undang dan peraturan-peraturan yang berlaku, dan memberikan ganti rugi jika hal tersebut memang kesalahan dari pihak bank. Agar POJK ini dapat terlaksana dengan lancar sebaiknya perlu diadakan sosialisas terkait mekanisme penyelesaian sengketa kepada nasabah dan sebaiknya pemerintah membuat peraturan yang lebih khusus lagi mengenai pelindungan hukum terhadap nasabah bank.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Christine S.T. Kansil, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Sengketa, Pelindungan Nasabah, Hukum Perbankan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 19 May 2021 06:59
Last Modified: 19 May 2021 06:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29003

Actions (login required)

View Item View Item