PROFIL PERKEMBANGAN KOGNITIF BAYI ASI EKSKLUSIF DAN NON ASI EKSKLUSIF USIA 3-24 BULAN DI PUSKESMAS GROGOL PETAMBURAN PERIODE MARET – MEI 2019

KALEW, PRISKA AMANDA (2019) PROFIL PERKEMBANGAN KOGNITIF BAYI ASI EKSKLUSIF DAN NON ASI EKSKLUSIF USIA 3-24 BULAN DI PUSKESMAS GROGOL PETAMBURAN PERIODE MARET – MEI 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (781kB)
[img] Text
1.pdf

Download (413kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
6.pdf

Download (317kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text
referensi.pdf

Download (229kB)

Abstract

Perkembangan Kognitif anak salah satunya dapat ditunjang dengan pemberian ASI Eksklusif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana profil perkembangan kognitif pada bayi usia 3-24 bulan di Puskesmas Grogol Petamburan Jakarta Barat yang mendapatkan ASI Eksklusif dan yang tidak mendapatkan ASI Eksklusif serta mengetahui apakah ada perbedaan perkembangan kognitif antara bayi usia 3-24 bulan yang mendapatkan ASI Eksklusif dan yang tidak mendapatkan ASI Eksklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah desain studi crosssectional. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 109 ibu yang membawa anak 3-24 bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara berdasarkan kuesioner dan formulir DDST yang berisi pertanyaan mengenai identitas pasien, riwayat pemberian ASI Eksklusif, interaksi ibu dan anak serta pertanyaan seputar perkembangan anak dalam aspek bahasa, persona sosial, motorik halus dan motorik kasar. Dari 109 responden terdapat 70 anak mendapatkan ASI Eksklusif dan 39 anak tidak mendapatkan ASI Eksklusif. Didapatkan bahwa 6,4% anak yang tidak mendapatkan ASI eksklusif memiliki perkembanghan kognitif abnormal. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan antara pemberian ASI Eksklusif dengan perkembangan kognitif anak. Nilai Fisher’s Exact Test 0,110 yang berarti tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pemberian ASI eksklusif dengan perkembangan kognitif dan rasio prevalens 3,824 yang berarti responden yang tidak mendapatkan ASI eksklusif memiliki prevalens 3,824 kali lebih tinggi untuk mengalami perkembangan kognitif yang abnormal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian ASI eksklusif tidak bermakna secara statistik tetapi bermakna secara epidemiologi dalam mempengaruhi perkembangan kognitif anak usia 3-24 bulan di Puskesmas Grogol Petamburan Kota Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pambudi, Wiyarni
Uncontrolled Keywords: ASI eksklusif, non ASI eksklusif, perkembangan kognitif
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:34
Last Modified: 27 Oct 2021 02:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29010

Actions (login required)

View Item View Item