PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN RASBERI (RUBUS IDAEUS L) TERHADAP KADAR MDA HATI DAN DARAH TIKUS SPRAGUE-DAWLEY YANG DIINDUKSI HIPOKSIA SISTEMIK KRONIK

SIA, RIA NATA (2019) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN RASBERI (RUBUS IDAEUS L) TERHADAP KADAR MDA HATI DAN DARAH TIKUS SPRAGUE-DAWLEY YANG DIINDUKSI HIPOKSIA SISTEMIK KRONIK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hipoksia adalah keadaan dimana kandungan oksigen dan tekanan parsial dalam sel berada dalam tingkat yang rendah. Keadaan ini mencetuskan peningkatan radikal bebas yang berhubungan erat dengan stres oksidatif. Radikal bebas mempunyai peran penting dalam proses patologis organ hati. Radikal bebas berpotensi menginduksi peroksidasi lipid. Malondialdehida (MDA) merupakan salah satu hasil final dari peroksidasi lipid yang dapat diukur kadarnya. Daun rasberi (Rubus idaeus L) mengandung antioksidan yang mampu menekan radikal bebas sehingga dapat meminimalisir kerusakan organ hati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek daun rasberi (Rubus idaeus L) terhadap kadar MDA hati dan darah tikus Sprague-Dawley yang diinduksi hipoksia sistemik kronik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental in vitro dan in vivo. Daun rasberi dibuat dalam bentuk ekstrak dan diuji secara in vitro dengan mengidentifikasi kandungan fitokimia, mengukur kapasiras antioksidan, kadar fenolik total dan alkaloid total, dan uji toksisistas. Uji in vivo merupakan uji klinis menggunakan tikus yang dibagi secara acak menjadi 2 kelompok (kelompok uji dan kontrol). Setiap kelompok dibagi menjadi 4 sub-kelompok: tikus yang tidak dihipoksia (normoksia), diinduksi hipoksia 1 hari, diinduksi hipokia 7 hari, dan diinduksi hipoksia 14 hari. Kelompok uji diberikan ekstrak daun rasberi selama 2 minggu, sementara kelompok kontrol tidak diberikan ekstrak daun rasberi. Setelah itu dilakukan pengambilan sampel dan pengukuran kadar MDA organ hati dan darah tikus, serta melihat patologi anatomi pada jaringan hati. Hasilnya didapatkan kadar MDA pada kelompok uji lebih rendah dibandingkan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rizal, Helmi
Uncontrolled Keywords: daun Rubus idaeus L, Malondialdehida (MDA), stres oksidatif, hati, tikus Sprague-Dawley
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 01:50
Last Modified: 28 May 2024 01:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29015

Actions (login required)

View Item View Item