Perlindungan Hukum Bagi Pembeli Yang Telah Membayar Uang Panjar Dalam Pembatalan Perjanjian Pengikatan Jual Beli Tanah Secara Sepihak Oleh Penjual (Contoh Kasus Putusan Pengadilan Negeri No.200/Pdt.G/2012/PN.Jkt.Sel)

Hendarsin, William (2018) Perlindungan Hukum Bagi Pembeli Yang Telah Membayar Uang Panjar Dalam Pembatalan Perjanjian Pengikatan Jual Beli Tanah Secara Sepihak Oleh Penjual (Contoh Kasus Putusan Pengadilan Negeri No.200/Pdt.G/2012/PN.Jkt.Sel). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
2. Tanda Persetujuan Skripsi.pdf

Download (535kB)
[img] Text
3. Tanda Pengesahan Skripsi.pdf

Download (713kB)
[img] Text
5. Daftar isi.pdf

Download (10kB)
[img] Text
6. Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

Keputusan tentang pembatalan Akta Perjanjian Jual Beli Tanah menurut KUHPerdata ditentukan oleh hakim. Perjanjian yang telah dibuat bersifat mengikat hukum bagi para pembuatnya. Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) pada umumnya menggunakan aturan yang sama dengan perjanjian yang diatur dalam KUHPerdata. Pada contoh kasus menunjukkan bahwa terdakwa tidak membayar sisa harga tanah sampai periode waktu yang dijanjikan, terdakwa dianggap tidak memiliki niat baik untuk melunasi tanpa ada tanda tangan segera akta jual tanah, maka keputusan yang Hakim ambil merupakan kesimpulan dari perbuatan para pihak. Akta Perjanjian Pengikatan Jual Beli No. 12 tanggal 12 September 2011 telah memenuhi syarat keabsahan perjanjian berdasarkan Pasal 1320 KUHPerdata. Putusan pengadilan menyatakan bahwa terdakwa membayar kompensasi materi dirasa tidak memenuhi nilai keadilan karena mereka tidak memperhatikan niat pembeli yang akan melunasi melalui giro dan pembeli tidak pernah menikmati tanah tersebut secara fisik atau menggunakannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hanafi Tanawijaya, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, PPJB, Pembatalan, Perlindungan Hukum
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 19 May 2021 07:57
Last Modified: 19 May 2021 07:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29027

Actions (login required)

View Item View Item