PENGARUH EKSTRAK DAUN BLACKBERRY (RUBUS SP) TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK SUPEROXIDE DISMUTASE (EC 1.15.1.1) DARAH DAN JANTUNG TIKUS YANG DIINDUKSI HIPOKSIA KRONIK

ANDINI, STEFFANNY REGINA MARIA (2019) PENGARUH EKSTRAK DAUN BLACKBERRY (RUBUS SP) TERHADAP AKTIVITAS SPESIFIK SUPEROXIDE DISMUTASE (EC 1.15.1.1) DARAH DAN JANTUNG TIKUS YANG DIINDUKSI HIPOKSIA KRONIK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (709kB)
[img] Text
1.pdf

Download (223kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
6.pdf

Download (124kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (128kB)

Abstract

Saat ini pola morbiditas dan mortalitas di Indonesia telah bergeser dari penyakit menular ke degeneratif, seperti penyakit kardiovaskular. Hampir semua faktor risiko untuk penyakit degeneratif dapat menyebabkan kondisi hipoksia. Hipoksia menyebabkan terjadinya peningkatan ROS yang menimbulkan kerusakan empat biomolekul seperti protein, karbohidrat, asam nukleat, dan lipid yan g dapat menganggu fungsi dan struktur sel, salah satunya sel jantung. Namun tubuh secara alami memiliki sistem pertahanan terhadap radikal bebas yang dikenal sebagai antioksidan endogen yaitu enzim Superoxide Dismutase (SOD). Dilain sisi, terdapat juga antioksidan eksogen yang berasal dari bahan alam (tumbuhan) salah satunya tanaman blackberry (Rubus sp). Ekstrak daunnya mengandung antioksidan yang dapat menekan stres oksidatif serta metabolit sekunder seperti tannin, fenolik, dan alkaloid yang teruji secar a fitokimia. Melalui uji Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) diketahui mempunyai efek sitotoksik yaitu antimutagenik dari tanaman ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun blackberry terhadap kadar SOD pada darah dan jantung tikus Sprague-Dawley yang diinduksi hipoksia. Penelitian ini dilakukan secara in-vitro dan in-vivo. Ekstrak daun blackberry diuji secara in-vitro untuk mengidentifikasi kadungan fitokimia, mengukur kapasitas antioksidan (DPPH), kadar fenolik dan alkaloid, serta toksisitasnya melalui uji BSLT. Uji in-vivo dilakukan dengan memberikan ekstrak daun blackberry ke satu kelompok tikus yang tidak dihipoksia (normoksia), dihipoksia 1 hari, 7 hari, dan 14 hari dibandingkan dengan kelompok tikus yang tidak diberi cekokan dan hanya dilakukan hipoksia dengan hari yang sama sebagai kelompok kontrol. Setelah itu dilakukan pengambilan sampel dan pengukuran kadar SOD darah dan jantung tikus serta melihat perubahan mikroskopik pada jaringan jantung. Hasilnya kelompok tikus yang diberikan cekokan daun blackberry mempunyai kadar SOD yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ferdinal, Frans
Uncontrolled Keywords: Rubus sp, Superoxide Dismutase (SOD), Stres Oksidatif, Jantung, Sprague Dawley.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 Jul 2021 03:48
Last Modified: 27 Jul 2021 03:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29037

Actions (login required)

View Item View Item