PENGARUH PEER GROUP TERHADAP ADOPSI INOVASI APLIKASI TIKTOK

SIMOHARTONO, KEVINEZRA (2020) PENGARUH PEER GROUP TERHADAP ADOPSI INOVASI APLIKASI TIKTOK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
abskevin.pdf

Download (181kB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengaruh dari Peer Group (teman sebaya) terhadap difusi inovasi aplikasi Tiktok yang melalui atribut difusi inovasi. Peer Group sebagai saluran komunikasi dianggap memiliki pengaruh positif yang signifikan dalam menyampaikan pesan inovasi kepada calon adopter karna tingginya tingkat kepercayaan teman sebaya. Fenomena penyebaran marketing melalui teman sebaya dalam bidang teknologi komunikasi belum banyak digunakan diaplikasikan pada saat ini, oleh karena itu fenomena ini menarik untuk dibahas. Teori yang digunakan peneliti adalah teori difusi inovasi, peer group, dan media baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode teknik analisis jalur Structural equation modeling dan diolah menggunakan smartpls. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji multi kolinearitas. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa peer group tidak berpengaruh langsung dengan tingkat adopsi inovasi, tetapi memiliki pengaruh tidak langsung yang dimoderasi oleh atribut difusi inovasi yaitu kompatibelitas dan keuntungan relatif Kata Kunci : Atribut Difusi Inovasi, Difusi inovasi, peer group, Tiktok Daftar Pustaka : 9 buku, 1 Desertasi dan 9 jurnal online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 20 May 2021 02:15
Last Modified: 20 May 2021 02:15
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29072

Actions (login required)

View Item View Item