PENGARUH SMARTPHONE ADDICTION TERHADAP TINGKAT PRESTASI BELAJAR ANAK USIA 12-14 TAHUN DI SMP NEGERI 63 JAKARTA

VENNY, VENNY (2019) PENGARUH SMARTPHONE ADDICTION TERHADAP TINGKAT PRESTASI BELAJAR ANAK USIA 12-14 TAHUN DI SMP NEGERI 63 JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi, smartphone menjadi salah satu alat teknologi yang banyak digunakan di dunia. Data tahun 2014, menunjukan bahwa sekitar 1,85 miliyar penduduk di dunia menggunakan smartphone. Data di Indonesia pada tahun 2016 menunjukkan bahwa untuk mengakses internet, pengguna lebih memilih menggunakan smartphone. Penggunaan smartphone tentu saja memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunanya. Penggunaan smartphone yang berlebih dan tidak terkontrol akan membuat pengguna menjadi adiksi, terutama pada usia anak – anak dan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat adiksi anak usia 12 – 14 tahun terhadap smartphone dan mencari pengaruh antara anak – anak yang mengalami smartphone addiction terhadap tingkat prestasi belajar di SMP X Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan jenis studi cross – sectional, pengambilan sampel dilakukan dengan cara consecutive – sampling. Subyek penelitian adalah 290 anak berusia 12 – 14 tahun bersekolah di SMP X Jakarta, yang hadir saat penelitian ini berlangsung. Terdiri dari 132 anak laki – laki dan 158 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diisi oleh responden, kuisioner ini berisi tentang karakteristik responden, identitas responden, dan Smartphone Addiction Scale – Short Version. Hasil dari uji Pearson menunjukkan kekuatan korelasi antar dua variable sangat lemah( r = 0.038 ), dan tidak terdapat pengaruh antara smartphone addiction dengan menurunnya tingkat prestasi belajar anak usia 12-14 tahun ( p = 0.290 ). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat smartphone addiction tidak mempunyai pengaruh terhadap tingkat prestasi belajar anak usia 12 – 14 tahun di SMP X Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Herwanto
Uncontrolled Keywords: smartphone addiction, tingkat prestasi belajar, remaja, durasi penggunaan smartphone, smartphone addiction scale – short version.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 01:48
Last Modified: 28 May 2024 01:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29077

Actions (login required)

View Item View Item