Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok Terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Angkatan 2016 dan 2017)

Ruth, Debra (2020) Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok Terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Angkatan 2016 dan 2017). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
debra.pdf

Download (273kB)

Abstract

Aplikasi Tiktok merupakan suatu bentuk media baru yang berfungsi untuk menyediakan dukungan berupa fitur edit seperti lagu dan efek pada wajah dalam pembuatan video berdurasi 30-60 detik, Berbeda dengan Instagram, yang merupakan suatu wadah media sosial yang bertujuan untuk mempublikasi foto dan video. Seiring dengan meningkatnya popularitas Tiktok di tahun 2019, seorang remaja bernama Prabowo Mondardo atau lebih dikenal dengan akun Instagramnya @bowo_allpennliebe menjadi viral di Indonesia lantaran konten video yang dipublikasi di akun Instagramnya berasal dari Tiktok, Berdasarkan fenomena tersebut, kini generasi ikut mengikuti tren tersebut, dimana mereka akan menciptakan video dari Tiktok kemudian mengunggahnya di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motif penggunaan aplikasi Tiktok terhadap faktor yang paling efektif dalam pembentukan personal branding generasi milenial di Instagram. Peneltian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dibantu dengan pengolahan data dari Statistical Package for Social Science versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa generasi milenial cenderung menggunakan Tiktok untuk memenuhi kebutuhan hiburan, dan faktor yang paling efektif dalam pembentukan personal branding di Instagram adalah dimensi standar; yaitu ketika pengguna menganut nilai moral dan kepercayaan yang setara dengan pengikut mereka, hal ini membuat mereka merasa tidak ketinggalan jaman dan hal dapat membuat mereka lebih di kenal di Instagram. Keywords: Personal Branding, New Media, Media Usage, Tiktok, Instagram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 20 May 2021 06:17
Last Modified: 20 May 2021 06:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29141

Actions (login required)

View Item View Item