PREVALENSI TERJADINYA KOMPLIKASI KARDIAK PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT SUMBER WARAS TAHUN 2017

CAHYADI, FIRDA (2019) PREVALENSI TERJADINYA KOMPLIKASI KARDIAK PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT SUMBER WARAS TAHUN 2017. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
CAHYADI, FIRDA 405160002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Diabetes Mellitus tipe 2 merupakan suatu sindroma metabolik yang prevalensinya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Perjalanan dari penyakit ini dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi bagi penderitanya. Salah satu yang sering terjadi pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2 adalah komplikasi kardiak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan melihat prevalensi terjadinya komplikasi kardiak pada penderita DM tipe 2, serta melihat gambaran klinis penderitanya. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan metode cross sectional dan sampelnya berupa rekam medik pasien DM tipe 2 yang dirawat inap di Rumah Sakit Sumber Waras Jakarta selama tahun 2017. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data bahwa dari 332 jumlah pasien DM tipe 2 rawat inap tersebut, 73 diantaranya memiliki komplikasi kardiak. Dari 73 sampel tersebut, rentang usia terbanyak adalah 50-59 tahun dengan rata-rata 60 tahun, dan 56% dari responden tersebut adalah perempuan. Sebagian besar dari populasi responden penelitian memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dari batas normal. Pemeriksaan penunjang yang beragam juga dilakukan pada responden tersebut. Pada pemeriksaan GDS didapatkan nilai rata-rata 218 g/dl, dan 190 g/dl pada GDP. Dari 50 yang melakukan pemeriksaan foto toraks, 42 diantaranya memunjukkan adanya kesan kardiomegali, dan dari 21 yang melakukan pemeriksaan ekokardiografi, 5 diantaranya menunjukkan adanya penurunan pada fraksi ejeksi. Diagnosis komplikasi kardiak terbanyak adalah CHF yaitu sebanyak 51 kasus. Terapi ADO diberikan pada 54 kasus, dan insulin pada 18 kasus. Persentase mortalitas tergolong kecil, karna sebesar 98.6% dari jumlah sampel memiliki luaran yang membaik. Prevalensi komplikasi kardiak yang tinggi ini perlu lebih diperhatikan agar penderita DM tipe 2 dapat menjadi lebih waspada dan terhindar dari komplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Halim, Samuel
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus tipe 2, Komplikasi Kardiak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 Jul 2021 01:04
Last Modified: 19 Dec 2022 08:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29145

Actions (login required)

View Item View Item