PENGARUH EKSTRAK BUAH VACCINIUM MARCOCARPON AITON TERHADAP KADAR GSH DARAH DAN HATI TIKUS SPRAGUE DAWLEY SETELAH DIINDUKSI HIPOKSIA

WINATA, GISELA (2019) PENGARUH EKSTRAK BUAH VACCINIUM MARCOCARPON AITON TERHADAP KADAR GSH DARAH DAN HATI TIKUS SPRAGUE DAWLEY SETELAH DIINDUKSI HIPOKSIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Stres oksidatif adalah ketidakseimbangan antara antioksidan dan oksidan yang dapat mencetuskan kerusakan dalam sel, seperti pada sel hati. Penyakit hati seperti fatty liver, steatohepatitis dapat disebabkan karena stres oksidatif sehingga membutuhkan peningkatan kerja antioksidan endogen. Glutation (GSH) adalah antioksidan endogen yang melawan stres oksidatif sehingga jumlahnya mengalami penurunan. Oleh karena itu, dibutuhkan antioksidan eksogen, seperti metabolit sekunder pada buah Cranberry (Vaccinium macrocarpon Aiton). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh buah Cranberry terhadap antioksidan endogen pada darah dan hati tikus Sprague Dawley yang diinduksi hipoksia. Desain penelitian adalah eksperimental, berupa pemeriksaan in vitro: uji fitokimia, uji kapasitas total antioksidan dengan DPPH (Blois), Total Phenolic Content (Singleton dan Rossi), Total Alkaloids Content (Trivedi et al.), uji BSLT (Meyer). Pemeriksaan in vivo: pemeriksaan GSH (Ellman) dengan 32 sampel tikus yang dibagi dalam kelompok yang diberi ekstrak (400mg/kgBB/hari, 14 hari) dan kelompok yang tidak diberi ekstrak. Kedua kelompok ini terbagi menjadi empat subkelompok, yaitu normoksia, hipoksia (O2 10%, N2 90%) 1, 7, dan 14 hari. Pemeriksaan histolopatologi pada hati tikus dengan perwarnaan HE pada kedua kelompok yang mendapatkan perlakuan hipoksia 14 hari. Penelitian menunjukkan bahwa buah Cranberry mengandung alkaloids, anthocyanin dan betacyanin, cardio glycosides, coumarins, flavonoids, glycosides, phenols, quinones, steroids, terpenoids, dan tannins; uji kapasitas total antioksidan (IC50 = 49.760 µg/mL); Total Phenolic Content (343.444 µg/mL); dan Total Alkaloids Content (66.12 µg/mL). Pemeriksaan uji toksisitas (LC50=153.081 µg/mL) menunjukkan nilai toksik. Hasil pemeriksaan GSH pada darah dan hati tikus, didapatkan penurunan kadar GSH seiring dengan lamanya durasi perlakuan hipoksia dimana kadar GSH pada kelompok yang diberi esktrak lebih tinggi dibanding kelompok yang tidak diberi ekstrak. Pemeriksaan histopatologi organ hati didapatkan nekrosis fokal pada kelompok yang tidak diberi ekstrak, sedangkan kelompok yang mendapat esktrak Cranberry hanya mengalami apoptosis. Dari penelitian ini, diketahui bahwa buah Vaccinium macrocarpon Aiton berpotensi sebagai antioksidan eksogen dan antikanker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gunawan, Shirly
Uncontrolled Keywords: Stres oksidatif, GSH, darah, hati, Vaccinium macrocarpon Aiton
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 01:47
Last Modified: 28 May 2024 01:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29146

Actions (login required)

View Item View Item