HUBUNGAN POLA AKTIVITAS FISIK DENGAN IMT DAN LINGKAR PINGGANG PADA PENGUNJUNG USIA DEWASA DI PUSKESMAS KECAMATAN KALIDERES, JAKARTA BARAT

SYAHPUTRI, ADELLA (2020) HUBUNGAN POLA AKTIVITAS FISIK DENGAN IMT DAN LINGKAR PINGGANG PADA PENGUNJUNG USIA DEWASA DI PUSKESMAS KECAMATAN KALIDERES, JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aktivitas fisik merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk setiap individu karena akan menjadi saJah satu faktor pendukung status gizi yang raeliputi input dan output energi, khususnya dari segi IMT dan lingkar pinggang. Status gizi dapat raerapengaruhi kondisi kesehatan seseorang, dengan merailiki kualitas kesehatan yang baik akan mempengaruhi produktivitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara pola aktivitas fisik dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) dan lingkar pinggang, yang merupakan penelitian analitik observasional dengan desain kuantitatif menggunakan studi cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-random sampling dengan jenis convenience sampling dan dianalisa menggunakan t-test independen. Penelitian dilakukan terhadap pengunjung usia dewasa yang berobat ke Puskesmas Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat dengan membagikan kuesioner International Physical Activity Questionnaire (IPAQ). Dari total 69 responden didapatkan aktivitas fisik sedang dan berat. Rata- rata IMT responden dengan aktivitas fisik sedang adalah 26,7317 kg/m2 dan aktivitas fisik berat 25,0934 kg/m2 (p=0,471). Rata-rata lingkar pinggang dengan aktivitas fisik sedang adalah 97,5 cm dan aktivitas fisik berat 94,7231 cm (p=0,592). Dapat disimpulkan, tidak terdapat hubungan signifikan antara pola aktivitas fisik dengan IMT dan lingkar pinggang, yang berarti hipotesis dalam penelitian ini ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karjadijaja, Idawati
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, indeks massa tubuh, lingkar pinggang
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 01:45
Last Modified: 28 May 2024 01:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29162

Actions (login required)

View Item View Item