PENGEMBANGAN USAHA MELALUI PENINGKATAN NILAI TAMBAH PELAKU BISNIS DENGAN PENDEKATAN VALUE CHAIN ANALYSIS (STUDI PADA USAHA KOPI DI KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT)

Rodhiah, Rodhiah and Wiryawan, Zahrida Zainal (2012) PENGEMBANGAN USAHA MELALUI PENINGKATAN NILAI TAMBAH PELAKU BISNIS DENGAN PENDEKATAN VALUE CHAIN ANALYSIS (STUDI PADA USAHA KOPI DI KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT). Karya Ilmiah Dosen.

[img] Text
2069-4516-1-SM.pdf - Published Version

Download (386kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai perkembangan usahakopi serta kekuatan dan kelemahannya bagi pengembangan ekonomi daerah,Menganalisis hubungan dan transaksi antar pelaku yang melingkupi aliran produk danpelaku, aliran informasi serta alira uang pada usaha kecil agrobisnis kopi di kabupatenSolok Sumatera Barat yang memiliki merek biority. Diteliti pelaku-pelaku yang terkaituntuk kesuksesn bisnis tersebut melalui wawancara mendalam.Analisis dilakukan dengan value chain untuk menghasilkan konsep desainpengembangan kerjasama antar pelaku usaha dalam rantai aliran produk dan lebih jauhmenghasilkan analisis dalam rangka peningkatan kompetitif advantage dari produk yangdipasarkan pebisnis kopi yang dipilih sebagai sampel penelitian.Hasil penelitian menunjukkan produk memiliki keunikan yang perlu dikembangkanyaitu menghasilkan kopi alami tanpa bahan campuran dan memilki lesehan kopi denganramuan tradisional untuk kesehatan masyarakat, distribusi /segmen pasar yangmemadai, serta memiliki kemasan yang menarik. Namun permasalahan utama munculadalah perizinan pemerintah setempat yang terlalu lama, adanya toke / pemborong bijikopi ke petani sehingga harga biji yang dijual ke pebisnis kopi lebih mahal. Untuk ituperlu kebijakan bagi pemerintah sebagai dewan pembina daerah setempat untuk turutmembantu dalam pembinaan pengembangan knowledge antar pelaku bisnis sehinggausaha kecil dapat menjadi prototype produktivitas pendapatan masyarakat danpemerintah setempat.

Item Type: Article
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 04 Apr 2017 05:33
Last Modified: 04 Apr 2017 05:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item