ANALISA PENGARUH RASIO PROBABILITAS DAN VARIABEL MONETER TERHADAP HARGA SAHAM INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI LQ 45 PERIODE 2005-2011

Meilisa, Meilisa (2013) ANALISA PENGARUH RASIO PROBABILITAS DAN VARIABEL MONETER TERHADAP HARGA SAHAM INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI LQ 45 PERIODE 2005-2011. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pasar modal merupakan salah satu instrumen ekonomi yang hingga saat ini mengalami perkembangan pesat. Ukuran kinerja yang digunakan dari pasar modal adalah harga saham perusahaan go public yang terdaftar dalam indeks LQ 45. Banyak faktor yang mempengaruhi perubahan harga saham baik dari makro ekonomi maupun mikro ekonomi seperti tingkat inflasi, tingkat suku bunga,jumlah uang beredar,kondisi perekonomian internasional, kurs valuta asing, Dividend Payout Ratio, dan Return On Asset. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisi pengaruh tingkat inflasi, tingkat suku bunga,jumlah uang beredar,kurs tukar antara rupiah dengan US dollar, Dividend Payout Ratio, dan Return On Asset terhadap harga saham. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pooled Least Square, Fixed Effect Model, dan Random Effect Model yang dilakukan dengan Eviews 7.0. Selain itu digunakan pengujian dengan goodness of fit suatu model dilakukan uji koefisen determinasi, uji F, dan uji t. Penelitian ini menggunakan data tahunan periode 2005 – 2011 untuk masing- masing variabel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Inflasi (CPI) dan Return On Asset memiliki pengaruh positif terhadap harga saham sedangkan variabel Suku Bunga, Kurs (IDR), dan Dividend Payout Ratio memiliki pengaruh negatif terhadap harga saham. Selain itu diperoleh bahwa nilai adjusted R square sebesar 69.93%. Ini berarti 69.93% perubahan harga saham dapat diprediksi dari perubahan kelima variabel independen tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 May 2021 02:18
Last Modified: 21 May 2021 02:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29210

Actions (login required)

View Item View Item