BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES AUDIT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS JASA AUDIT (StudiEmpirikpada Perusahaan Klien Kantor AkuntanPublikBig Four di Jakarta)

Kesuma, Liana (2015) BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES AUDIT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS JASA AUDIT (StudiEmpirikpada Perusahaan Klien Kantor AkuntanPublikBig Four di Jakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Good corporate governance (GCG) merupakan rangkaian proses, kebiasaan, kebijakan, aturan, dan institusi yang memengaruhi pengarahan, pengelolaan, serta pengontrolan suatu perusahaan atau korporasi. Kondisi ini mengindikasikan terjadinya kompleksitas peran auditor sebagai pihak yang independen dalam menciptakan kualitas jasa audit. Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empiric beberapa faktor yang mempengaruhi proses audit dan dampaknya terhadap kualitas jasa audit. Untuk menguji fakta empiric tersebut diperlukan susunan logika dengan Background Theory: Social Class Theory Hegel (1770-1831), Karl Max (1818-1883) dan Charles Darwin (1809-1882), Grand Theory: Conflict Theory John Locke (1632-1704) dan Max Weber (1864-1920), Middle Range Theory: Emile Durkheim (1858-1917), T. Parsons (1927-1973), dan Agency Theory. Unit penelitian ini adalah 93 responden pada Perusahaan Klien Kantor Akuntan Publik Big Four di Jakarta. Metode alat analisis menggunakan path analysis atau gabungan antara korelasi dan regresi untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas, reliabilitas, dan transformasi data ordinal ke data interval menunjukkan hasil: (a)profesionalisme, dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas jasa audit sedangkan persepsi auditor, kecerdasan emosional, kompetensi, skeptisisme auditor, objektivitas, independensi, integritas, akuntabilitas, pengalaman kerja, gender, teamwork, leadership, budaya organisasi, komitmen organisasi, time budget pressure, dan proses audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas jasa audit, (b) persepsi auditor, kecerdasan emosional, kompetensi, skeptisisme auditor, objektivitas, independensi, integritas, akuntabilitas, profesionalisme, pengalaman kerja, motivasi, gender, teamwork, leadership, budaya organisasi, komitmen organisasi, dan time budget pressure secarasi multan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas jasa audit dengan proses audit sebagai variabel moderating sebesar nilai adjusted R square 0,975 atau 97,5% dan sisanya faktor lain di luar model sebesar 0,025 atau 2,5%. Hasil penelitian ini mempunyai konsistensi dengan seluruh kerangka pemikiran, tinjauan pustaka, dan peneliti terdahulu. Adapun saran untuk penelitian : (a) bagi pengembangan ilmu auditing diperlukan penelitian lanjutan diluar model seperti lingkungan kerja, perbedaan kepribadian auditor, gaya belajar auditor, dan system pengendalian mutu Kantor AkuntanPublik, (b) untuk auditor dalam Kantor Akuntan Publik perlu meningkatkan kinerjanya untuk menghasilkan kualitas jasa audit yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 May 2021 07:05
Last Modified: 21 May 2021 07:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29222

Actions (login required)

View Item View Item