HUBUNGAN ASUPAN GULA DALAM MINUMAN BERSODA TERHADAP OBESITAS PADA DEW ASA USIA 20 - 45 TAHUN DI PUSKESMAS KECAMATAN X DI JAKARTA BARAT

LIMARDA, HELEN (2020) HUBUNGAN ASUPAN GULA DALAM MINUMAN BERSODA TERHADAP OBESITAS PADA DEW ASA USIA 20 - 45 TAHUN DI PUSKESMAS KECAMATAN X DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendahuluan Prevalensi obesitas mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kejadiari ini diduga karena adanya hubungan konsumsi asupan gula dalam minuman bersoda yang berlebihan. Diketahui 1 kaleng minuman bersoda 350 mL mengandung 40g hingga 50g. Sejauh ini belom ada data yang melihat asupan gula dalam minuman bersoda dengan obesitas pada kelompok usia reproduktif di Jakarta. Metodologi Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross-sectional, yang akan dilakukan di puskesmas pada bulan Januari sampai Febuari 2020. Data univariat akan disajikan dalam bentuk tabel (persentase, nilai mean dan standar deviasi). Data bivariat akan disajikan dalam bentuk tabel 2x2 dan dianalisis dengan uji statistic chi-square. Hasil Pada penelitian ini didapatkan 188 orang dengan jumlah responden laki-laki sebanyak 95 orang dan perempuan sebanvak 93 orang. Didapatkan sebanyak 58% memiliki status gizi lebih sampai obesitas dan 49,5% responden yang mengonsumsi asupan gula dalam minuman bersoda yang lebih. Didapatkan hubungan yang bermakna secara statistik antara asupan gula dalam minuman bersoda dengan kejadian obesitas pada usia 20-45 tahun (p 0,01) dengan nilai PRR 1,87 yang berarti merupakan faktor risiko dari obesitas. Kesimpulan Pada penelitian ini didapatkan hubungan yang bermakna antara asupan gula dalam minuman bersoda dengan kejadian obesitas di kelompok dewasausia20 tahun sampai 45 tahun. Diperlukan penelitian lanjutan untuk menilai hubungan antara obesitas dengan faktor risiko lainnya dan didaerah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Santoso, Alexander Halim
Uncontrolled Keywords: obesitas, indeks massa tubuh, asupan gula, minuman bersoda, dewasa.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 01:44
Last Modified: 28 May 2024 01:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29229

Actions (login required)

View Item View Item