HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN ANGKA KEJADIAN HIPERTENSI PADA REMAJA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA JUNI2020

GUNAWAN, DENI (2019) HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN ANGKA KEJADIAN HIPERTENSI PADA REMAJA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA JUNI2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prevalensi hipertensi pada anak dan remaja di Indonesia adalah 3,11% sampai 4,6%. Hipertensi pada remaja merupakan kondisi dimana tekanan darah sistolik >140mmHg atau tekanan darah diastolik >90mmHg. Hipertensi sangat sering menyebabkan kematian dan sekarang tidak sedikit remaja yang memiliki penyakit hipertensi. Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu faktor risiko hipertensi, dimana pada era yang modern ini semakin banyak orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk bermain gadget dan bukan untuk beraktivitas fisik. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik dengan penyakit hipertensi pada remaja di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Penelitian ini menggunakan metode analitik potong lintang atau cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada bulan Juni 2020 dengan responden yang berjumlah 75 orang remaja yang memenuhi kriteria inklusi. Proporsi remaja yang memiliki penyakit hipertensi di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara adalah sebanyak 8 orang (10,7%). Dari 75 responden didapatkan 38 responden (50,7%) memiliki aktivitas fisik yang kurang dan 37 responden (49,3%) memiliki aktivitas fisik yang cukup. Penelitian ini menunjukkan bahwa antara aktivitas fisik dengan penyakit hipertensi pada remaja tidak terdapat hubungan yang bermakna. Tetapi remaja dengan aktivitas fisik yang kurang memiliki peluang untuk terkena penyakit hipertensi 2,92 kali lebih besar dari remaja dengan aktivitas fisik yang cukup (PR=2,92).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ernawati
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, aktivitas fisik, remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 01:39
Last Modified: 28 May 2024 01:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29239

Actions (login required)

View Item View Item