HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP FUNGSI PARU PAD A MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2019/2020

LIMAN, MELLY (2020) HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP FUNGSI PARU PAD A MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bernapas merupakan suatu kegiatan yang kita lakukan tanpa sadar setiap harinnya, dengan sistem respirasi, sehingga organ paru-paru merupakan organ terpenting. IMT/ Indeks Massa Tubuh juga bisa menjadi salah satu hal yang berpengaruh terhadap organ respirasi kita terutama pada dewasa muda. Sehingga dilakukan penelitian mengenai hal ini, terutama di Fakultas Kedokteran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan fungsi paru dengan IMT pada mahasiswa dewasa muda Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Penelitian ini merupakan studi analitik observasional dengan metode pendeketan cross-sectional. Data yang telah diperoleh dengan kuisioner dan tes spirometri kemudian dianalisis dengan uji Chi-square. Hasil penelitian didapatkan nilai kapasitas vital paksa 19 (38%) mahasiswa tidak normal, nilai volume eksprirasi paksa 1 detik 34 (68%) mahasiswa tidak normal, nilai rasio FEV1/FVC 22 (44%) mahasiswa tidak normal, nilai IMT 24 (48%) mahasiswa yang tidak normal,nilai kapasitas paru tidak normal terhadap IMT tidak normal sebanyak 10 (41,7%) mahasiswa tidak normal, nilai kapasitas vital paksa tidak normal dengan IMT tidak normal sebanyak 6 (31,6%) mahasiswa serta nilai volume eskpirasi paksa I detik pertama dengan IMT tidak normal sebanyak 15 (44,1%) mahasiswa, dengan p = 0,102 (p > 0,05) . Kesimpulan, tidak terdapat hubungan bermakna antara fungsi paru dengan IMT normal dan tidak normal pada mahasiswa dewasa muda Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lontoh, Susy Olivia
Uncontrolled Keywords: fungsi paru, IMT, mahasiswa kedokteran, dewasa muda
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 01:34
Last Modified: 28 May 2024 01:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29259

Actions (login required)

View Item View Item