PENGARUH SMARTPHONE TERHADAP DURASI DAN KUALITAS TIDUR PADA ANAK SD KELAS 1-6 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 TAMBORA, JAKARTA BARAT

GUSRIZAL, VIVIN (2020) PENGARUH SMARTPHONE TERHADAP DURASI DAN KUALITAS TIDUR PADA ANAK SD KELAS 1-6 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 TAMBORA, JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tidur raerupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia, khususnya anak- anak yang masih dalam tahap bertumbuh dan berkembang. Pada masa kini, usia anak sekolah telah dikenalkan dengan smartphone, yaitu alat komunikasi yang kini sudah lengkap sebagai penyedia informasi real-lime dan aplikasi yang raenarik didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh smartphone terhadap kualitas dan durasi tidur siswa SD kelas 1 hingga 6 menggunakan studi cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negri 03 Tambora, Jakarta Barat, dengan jumlah sampel sebanyak 190 responden yang terdiri dari 80 siswa laki-laki dan 110 siswi perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuisioner oleh orang tua siswa. Hasil data dianalisis dengan menggunakan software statistik dengan uji pearson chi-square. Didapatkan hasil penelitian, intensitas menggunakan smartphone selama 2 jam pada jenis kelamin laki-laki sebanyak 46% sedangkan pada jenis kelamin perempuan menggunakan smartphone selama 1 jam sebanyak 31% dari 100%. Anak dengan intensitas penggunaan smartphone selama 2 jam memiliki durasi tidur selama 8-9 jam sebanyak 32 anak dan yang memiliki kualitas tidur buruk sebanyak 36 anak. Berdasarkan uji statistik pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap durasi tidur menunjuk kan nilai p yaitu 0.093 dan nilai korelasi (r) yaitu 0.122 sehingga dapat disimpulkan tidak ada hubungan yang bermakna. Lalu, berdasarkan uji statistik pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap kualitas tidur menunjuk kan nilai p yaitu 0.299 dan nilai korelasi (r) yaitu 0.076 dapat pula disimpulkan tidak ada hubungan yang bermakna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Herwanto
Uncontrolled Keywords: smartphone, durasi tidur, kualitas tidur, anak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 01:33
Last Modified: 28 May 2024 01:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29267

Actions (login required)

View Item View Item