HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA SAAT MENGH ADA PI UJIAN KETERAMPILAN KLINIS DASAR HECTING DENGAN TINGKAT KELULUSAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA

NADILA, NADILA (2020) HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA SAAT MENGH ADA PI UJIAN KETERAMPILAN KLINIS DASAR HECTING DENGAN TINGKAT KELULUSAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecemasan adalah suatu bentuk emosional manusia yang bersifat normal dan merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari, namun bila berlebihan dapat menyebabkan gangguan mental. Gangguan cemas merupakan gangguan mental dengan prevalensi terbesar. Kecemasan dan depresi dapat berhubungan dengan rendahnya kemampuan untuk bersosialisasi. Beberapa penelitian menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa kedokteran mengalami stres baik selama periode sebelum ujian maupun saat ujian berlangsung, Stresor utamanya adalah tekanan akademik dan ujian itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecemasan mahasiswa kedokteran terhadap kelulusan ujian keterampilan klinis dasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian analitik dengan desain potong lintang. Pengambilan sampel dengan penyebaran kuesioner pada seluruh mahasiswa tahun ajaran 2018 yang mengikuti blok sistem musculoskeletal dengan jumlah responden sebanyak 186 responden. Hasilnya didapatkan mahasiswa yang memiliki tingkat kecemasan normal -ringan ada sebanyak 179 mahasiswa (96,2%) dari total 186 mahasiswa (100%). Mahasiswa yang lulus ujian KKD menjahit luka ada sebanyak 64 mahasiswa (34,4%) dari total 186 mahasiswa (100%). Berdasarkan hasil analisis didapat, tidak terdapat hubungan antara tingkat kecemasan mahasiswa saat menghadapi ujian Keterampilan Klinis Dasar menjahit luka dengan tingkat kelulusan di Fakultas kedokteran Universitas Tarumanagara. Akan tetapi, mahasiswa yang memiliki tingkat kecemasan normal - ringan mempunyai peluang memperoleh kelulusan lebih tinggi 1,325 kali daripada mahasiswa yang memiliki tingkat kecemasan sedang - berat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Malik, Rebekah
Uncontrolled Keywords: Cemas, ujian
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:45
Last Modified: 27 May 2024 14:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29275

Actions (login required)

View Item View Item