PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN SEBELUM DAN SESUDAH MENJADI ANGGOTA JKN DI RUMAH SAKIT KARYA HUSADA PERDAGANGAN, BANDAR, SUMATERA UTARA TAHUN 2019

NAINGGOLAN, NADYA (2020) PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN SEBELUM DAN SESUDAH MENJADI ANGGOTA JKN DI RUMAH SAKIT KARYA HUSADA PERDAGANGAN, BANDAR, SUMATERA UTARA TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesehatan menjadi kebutuhan paling utama bagi manusia agar dapat menjalankan hidup yang baik, sehinga mampu memperoleh kesejahteraan, untuk itu diperlukan adanya jaminan dan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau harganya. Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan yang sama baik secara kualitas maupun kuantitas. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan menjadi salah satu tolok ukur kepuasan pasien. Kepuasan pasien adalah pendapat atau penilaian baik positif maupun negatif dari pasien setelah ia mendapatkan suatu tindakan pelayanan kesehatan setelah dibandingkan dengan harapan - harapannya. Kurangnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), serta kualitas dan kuantitas sarana penunjang seperti alat dan obat-obatan yang belum lengkap dapat menyebabkan kepuasan terhadap pelayanan berkurang. Belum adanya data terkait kepuasan pasien sebelum dan sesudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kepuasan pasien sebelum dan sesudah menjadi anggota JKN di Rumah Sakit Karya Husada Perdagangan, Bandar, Sumatera Utara Tahun 2019. Desain penelitian ini adalah deskriptif cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2020 - Juni 2020 pada 107 responden. Hasil penelitian yang didapat dari 5 komponen untuk menilai kepuasan pasien dari segi karakteristik produk diperoleh peningkatan kepuasan sebanyak 17,8 % (19 orang), dari segi harga diperoleh peningkatan kepuasan sebanyak 19,6 % (21 orang), dari segi pelayanan diperoleh peningkatan kepuasan sebanyak 5,6 % (6 orang), dari segi fasilitas diperoleh peningkatan kepuasan sebanyak 9,4 % (10 orang), sedangkan dari segi komunikasi diperoleh peningkatan kepuasan sebanyak 14 % (15 orang). Pada penelitian ini, didapatkan adanya perbandingan kepuasan pasien sebelum dan sesudah menjadi anggota JKN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ernawati
Uncontrolled Keywords: JKN, BPJS, kepuasan pasien
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:45
Last Modified: 27 May 2024 14:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29277

Actions (login required)

View Item View Item