ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2013

Winata, Noreen (2015) ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh profitabilitas, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, dan kualitas audit terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013. Penelitian ini memperoleh data dari laporan keuangan perusahaan manufaktur. Perusahaan yang diteliti terdiri dari 58 perusahaan untuk masing-masing periode selama tahun 2011-2013. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah model regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS v.21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, dan kualitas audit mempengaruhi manajemen laba dan secara parsial profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba, serta kualitas audit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 May 2021 07:40
Last Modified: 21 May 2021 07:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29286

Actions (login required)

View Item View Item