EKSTRAK METANOL BUAH AMLA (PHYLLANTHUS EMBL1CA L.): SKRINING FITOKIMIA, KAPASITAS ANTIOKSIDAN, KADAR FENOLIK TOTAL DAN UJI TOKSISITAS

JESSICA, MARIA (2020) EKSTRAK METANOL BUAH AMLA (PHYLLANTHUS EMBL1CA L.): SKRINING FITOKIMIA, KAPASITAS ANTIOKSIDAN, KADAR FENOLIK TOTAL DAN UJI TOKSISITAS. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingginya kadar radikal bebas (ROS/RNS) dan rendahnya sistem perlindungan antioksidan dalam tubuh dapat menyebabkan tercetusnya sires oksidatif, yang berkaitan dengan berbagai pernyakit seperti penyakit kardiovaskular dan kanker. Dalam upaya mencegah stres oksidatif, tubuh membutuhkan sistem perlindungan antioksidan yang diperkuat dari sumber antioksidan eksogen serta senyawa metabolit sekunder yang terdapat pada buah amla (Phyllanthus Emblica L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan fitokimia, kapasitas antioksidan, kadar fenolik total dan toksisitas dari ekstrak metanol buah amla (Phyllanthus Emblica L.) yang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan.Ekstraksi dilakukan dengan metode maserasi dengan pelarut metanol. Ekstrak metanol buah amla dilakukan skrining fitokimia, diuji kapasitas antioksidan dengan metode DPPHfree radical scavenging assay, kandungan fenolik total dengan metode Singleton dan Rossi, dan toksisitas dengan metode BSLT.Pada skrining fitokimia, ekstrak metanol buah amla memberikan hasil positif pada uji alkaloid, betacyanin, cardio glycoside, coummarins, flavonoid, phenols, quinones, steroid, terpenoid dan tannins. Ekstrak metanol buah amla memiliki kapasitas antioksidan yang kuat (IC50 = 29,00 /(g/mL), kadar fenolik total (6091,82 //g/mL), dan toksisitas (LC50 = 149,62 pg/mL), yang menunjukkan buah amla memiliki aktivitas anti-mitosis.Dapat disimpulkan bahwa, ekstrak buah amla mengandung berbagai macam senyawa metabolit sekunder, seperti alkaloid, betacyanin, cardio glycoside, coummarins, flavonoid, phenols, quinones, steroid, terpenoid dan tannins; memiliki kapasitas antioksidan yang kuat, kadar fenolik total yang tinggi, serta toksisitas .yang bersifat toksik (anti-kanker).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sari, Triyana
Uncontrolled Keywords: Phyllathus emblica L., kapasitas antioksidan, BSLT.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:44
Last Modified: 27 May 2024 14:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29288

Actions (login required)

View Item View Item