PENGETAHUAN DAN ALASANIBU DALAM PEMBERIAN MPASI PADA BAYI USIA 1-12 BULAN DIPUSKESMAS KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN PERIODE JANUARI - MARET 2020

AQILA, FITRI (2020) PENGETAHUAN DAN ALASANIBU DALAM PEMBERIAN MPASI PADA BAYI USIA 1-12 BULAN DIPUSKESMAS KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN PERIODE JANUARI - MARET 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada enam bulan pertama kehidupanbayi wajib menerima air susu ibu(ASl) ekslusif pada saat usia enam bulan bayi sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) yang benar dan aman serta memenuhi kecukupan gizi agar tidak terjadi malnutrisi pada anak.Tujuan penelitian ini mengetahui usia dan alasan ibu saat pertama kali bayi diberikan MPASI serta pengetahuan ibu tentang usia terbaik memulai MPASI. Metode penelitian desain deskriptif dengan metode cross sectional serta melibatkan 185 ibu di Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan periode Januari-Maret 2020. Hasilnya menunjukkan usia bayi mulai MPASI paling banyak pada usia 4-6 bulan sebesar 105 bayi (58.4%) dengan alasan bahwa usia terbaik mulai pemberian MPASI yaitu 6 bulan, informasi dari tenaga medis, nafsu makan bayi bertambah. Paling sedikit usia bayi mulai MPASlpada usia < 4 bulan sebesar 38 bayi(18.9%) dengan alasan ibu bekerja dan ASI sedikit. Usia terbaik bayi mulai diberikan MPASI berdasarkan pengetahuan ibu yaitu pada usia 4-6 bulan sebesar 101 ibu (54.6%) paling sedikit usia <4 bulan sebesar 6 ibu (3.24%). Kesimpulan dari hasil penelitian ini usia bayi dan alasan ibu MPASI paling banyak pada usia 4-6 bulan sebesar 105 bayi(58.4%) dengan alasan ibu menjawab usia terbaik mulai MPASI pada usia 6 bulan, informasi dari tenaga medis, nafsu makan bayi bertambah, pengetahuan ibu tentang usia terbaik mulai diberikan MPASI pada bayi usia 4-6 bulan sebesar 101 ibu (54.6%). Peneliti memiliki saran perlunya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan waktu pemberian MPASI dan pengetahuan orang tua terhadap usia terbaik memulai MPASI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mantu, Melani R.
Uncontrolled Keywords: Waktu, pemberian, MPASI, pengetahuan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:44
Last Modified: 27 May 2024 14:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29295

Actions (login required)

View Item View Item