BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES AUDIT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS JASA AUDIT (Studi Empirik pada Perusahaan Klien Kantor Akuntan Publik Big Four di Jakarta)

Lita, Penty (2015) BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES AUDIT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS JASA AUDIT (Studi Empirik pada Perusahaan Klien Kantor Akuntan Publik Big Four di Jakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

(E) Profesi akuntan publik mempunyai tugas menaikkan keandalan laporan keuangan sehingga para pengguna memperoleh informasi yang benar. Keandalan laporan keuangan ini secara tidak langsung berhubungan dengan adanya kebutuhan jasa audit yang tinggi. Kebutuhan jasa ini tanpa kita sadari banyak pihak yang memanfaatkannya yaitu dengan menawarkan jasa akuntan publik. Namun seiring menjamurnya jasa akuntan publik, hal tersebut tidak diimbangi dengan mempertahankan kualitas audit yang baik. Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empirik beberapa faktor yang mempengaruhi proses audit dan dampaknya terhadap kualitas jasa audit. Untuk menguji fakta empirik tersebut diperlukan susunan logika dengan Background Theory: Social Class Theory Hegel (1770-1831), Karl Max (1818-1883) dan Charles Darwin (1809-1882), Grand Theory: Conflict Theory John Locke (1632-1704) dan Max Weber (1864-1920), Middle Range Theory: Emile Durkheim (1858-1917), T. Parsons (1927-1973), dan Agency Theory. Unit penelitian ini adalah 97 responden pada perusahaan Klien Kantor Akuntan Publik Big Four di Jakarta. Metode alat analisis menggunakan path analysis atau gabungan antara korelasi dan regresi untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas , reliabilitas, dan transformasi data ordinal ke data interval menunjukkan hasil: (a) kecerdasan emosional, kompetensi, objektivitas, independensi, integritas, akuntabilitas, profesionalisme, pengalaman kerja, motivasi, gender, team work, leadership, budaya organisasi, komitmen organisasi, time budget pressure, proses audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas jasa audit sedangkan persepsi auditor, dan skeptisme auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas jasa audit (b) persepsi auditor, kecerdasan emosional, kompetensi, skeptisisme auditor, objektivitas, independensi, integritas, akuntabilitas, profesionalisme, pengalaman kerja, motivasi, gender, teamwork, leadership, budaya organisasi, komitmen organisasi, time budget pressure, proses audit terhadap kualitas jasa audit secara simultan berpengaruh negatif dan signifikan sebesar nilai adjusted R square 0,739 atau 73,9% dan sisanya merupakan faktor lain di luar model sebesar 0,261 atau 0,261%. Hasil Penelitian ini mempunyai konsistensi dengan seluruh kerangka pemikiran, tinjuan pustaka dan peneliti terdahulu. Adapun saran untuk penelitian : (a) bagi pengembangan ilmu auditing diperlukan penelitian lanjutan diluar model seperti etika auditor, (b) untuk auditor dalam KAP perlu meningkatkan kinerjanya untuk menghasilkan kualitas jasa audit yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 May 2021 07:57
Last Modified: 21 May 2021 07:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29298

Actions (login required)

View Item View Item