EKSTRAK KULIT PISANG MERAH (MUSA ACUMINATA COLLA AAA) : UJIFITOKIMIA, AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, UJI TOKSISITAS DAN KADAR METABOLIT SEKUNDER

TANISA, CHRISTOBAL ANUGERAH (2020) EKSTRAK KULIT PISANG MERAH (MUSA ACUMINATA COLLA AAA) : UJIFITOKIMIA, AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, UJI TOKSISITAS DAN KADAR METABOLIT SEKUNDER. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan negara beriklim tropis, dimana terdapat banyak buah-buahan yang tumbuh seperti pisang dan merupakan salah satu buah yang paling banyak dihasilkan di Indonesia. Pisang merah merupakan salah satu pisang yang dapat ditemukan banyak di daerah Sulawesi Utara. Buah pisang merah memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi, juga kulitnya mempunyai efek pada kesehatan karena kandungannya yang teridiri dari Vitamin C dan Vitamin E yang memiliki peran sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan senyawa fitokimia, aktivitas antioksidan, kadar fenolik total, kadar alkaloid total dan toksisitas ekstrak kulit pisang merah. Simplisia kulit pisang merah sebanyak 280 gram dilakukan maserasi dan evaporasi sehingga didapatkan ekstrak kulit pisang merah sebanyak 75 gram. Ekstrak kulit pisang merah dilakukan skrining fitokimia, uji aktivitas antioksidan metode Blois, kandungan fenolik metode Singleton dan Rossi, alkaloid total metode Trivedi et al, dan toksisitas metode Meyer. Dari uji fitokimia diperoleh hasil positif pada alkaloid, antosianin dan betasianin, kardioglikosida, kumarin, flavonoid, glikosida, fenolik, kuinon, saponin, terpenoid, dan tanin. Aktivitas antioksidan (IC50 = 222.80 //g/mL), kadar fenolik total (2237.75 //g/mL), kadar alkaloid total (4.01 pig/mL) dan uji toksistas (LCso = 102.13 /ig/mL). Dapat disimpulkan bahwa ektrak kulit pisang merah memiliki senyawa metabolit sekunder, aktivitas antioksidan yang lemah, kadar fenolik dan alkaloid total yang memiliki peran sebagai antioksidan, serta toksisitas yang memiliki potensi sebagai antimitosis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Darmawi, Kumala Dewi
Uncontrolled Keywords: Kulit Pisang Merah (Musa Acuminata Colla AAA), skrining fitokimia, aktivitas antioksidan, kadar fenolik total, kadar alkaloid total, uji toksisitas.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:43
Last Modified: 27 May 2024 14:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29301

Actions (login required)

View Item View Item