HUBUNGAN KECUKUPAN ASUPAN SAYUR DAN BUAH TERHADAP TEKANAN DARAH PASIEN USIA PRODUKTIF DIPUSKESMAS KECAMATAN KALIDERES, JAKARTA BARAT TAHUN 2020

RAPRIANTI, SALMA FIKRI (2020) HUBUNGAN KECUKUPAN ASUPAN SAYUR DAN BUAH TERHADAP TEKANAN DARAH PASIEN USIA PRODUKTIF DIPUSKESMAS KECAMATAN KALIDERES, JAKARTA BARAT TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang banyak di masyarakat dan dapat menyebabkan kematian disebut Silent Killer. Prevalensi hipertensi cukup tinggi, menurut data riskesdas 2013 dan 2018 prevalensi berdasarkan hasil pengukuran mengalami peningkatan sebanyak 8,3%, dari 25,8% menjadi 34,1%. Prevalensi di Jakarta sendiri menempali posisi kesembilan tertinggi dalam data tersebut. Faktor penyebabnya bisa karena gaya hidup yang kurang baik, seperti kurangnya asupan sayur dan buah. Pengaruh konsumsi asupan buah dan sayur terhadap tekanan darah telah dinyatakan dalam pendekatan diet untuk terapi hipertensi (DASH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari hubungan kecukupan asupan sayur dan buah terhadap tekanan darah pasien usia produktif di Puskesmas Kecamatan Kalideres. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah cross-sectional dengan cara wawancara menggunakan SFFQ. Sampel diambil secara consecutive non-random sampling, kemudian dianalisa menggunakan uji Independent Sample T-Test. Dari 53 responden, tekanan darah normal berjumlah 28 (53.8%) dan kategori Hipertensi 25 (47.2%) responden. Prevalensi Responden yang kurang mengkonsumsi buah dan sayur berjumlah 32 (60.4%). Dengan uji statistik, tidak ada hubungan bermakna antara angka kecukupan asupan sayur dan buah dengan tekanan sistolik (p= 0.962) dan tekanan diastolik (p=0,996) pada responden. Dapat disimpulkan, tidak ada hubungan kecukupan asupan sayur dan buah terhadap tekanan darah sistolik (p= 0.962) dan diastolik (p=0,996) pasien usia produktif di Puskesmas Kecamatan Kalideres, yang berarti hipotesis dalam penelitian ini ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karjadijaja, Idawati
Uncontrolled Keywords: tekanan darah, konsumsi sayur dan buah, usia produktif
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:43
Last Modified: 27 May 2024 14:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29309

Actions (login required)

View Item View Item