Tinjauan Pelaksanaan Standardisasi Nasional Indonesia Terhadap Mainan Anak Berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2014 Tentang Standardisasi Dan Penilaian Kesesuaian

Anugerah, Alex (2017) Tinjauan Pelaksanaan Standardisasi Nasional Indonesia Terhadap Mainan Anak Berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2014 Tentang Standardisasi Dan Penilaian Kesesuaian. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER dan pengesahan.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Tiap pelaku usaha tentu dalam menjalankan usahanya mengharapkan keuntungan semaksimal mungkin. Standardisasi Nasional adalah peraturan yang menjembatani kepentingan konsumen dan produsen dengan menetapkan standar produk yang tepat yang dapat memenuhi kepentingan dan mencerminkan asprasi kedua belah pihak. Menimbang keselamatan, keamanan, dan kesehatan khususnya pada bayi dan anak, serta menciptakan persaingan usaha yang sehat dan adil pemerintah menetapkan SNI secara wajib pada mainan anak. Apa alasan pemerintah melegalisasi SNI wajib pada mainan anak dibawah 14 tahun? Dan akibat hukum apa yang akan timbul apabila pelaku usaha tidak mensertifikasi barang jualannya. Penulis menggunakan penelitian normatif untuk meneliti masalah tersebut. Ibu Dermia Hasianty adalah korban yang mendapatkan mainan tidak sesuai dengan standardisasi nasional Indonesia. Pemberlakuan SNI merupakan perlindungan hukum preventif bagi konsumen Indonesia agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan akibat penggunaan barang dan/atau jasa. Khususnya pada mainan anak dibawah 14 tahun, dimana seorang anak sangat rentan terhadap kecelakaan akibat pemakaian yang tidak sesuai kegunaannya, dan mudah terkena penyakit karna masih lemahnya sistem imun dalam tubuh mereka. Upaya hukum dapat dilakukan apabila konsumen merasa dirugikan dengan mengadukan kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen atau BPSK, Arbitrase, maupun pengadilan umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. A.M. Tri Anggraini, S.H, M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Standardisasi Pada Mainan Anak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 21 May 2021 09:10
Last Modified: 21 May 2021 09:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29322

Actions (login required)

View Item View Item