Pertanggungjawaban pidana terhadap guru yang melakukan kekerasan atas anak di sekolah menurut pasal 80 undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak / M. Allan N. Talahatu

Talahatu,, M. Allan N. (2017) Pertanggungjawaban pidana terhadap guru yang melakukan kekerasan atas anak di sekolah menurut pasal 80 undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak / M. Allan N. Talahatu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANEGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru dan siswa adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan. Hubungan antara keduanya kadang berjalan harmonis, namun tidak jarang bersifat kontradiktif. Seringkali guru melakukan tindak kekerasan terhadap siswa. Oknum guru tersebut berdalih untuk menegakkan kedisiplinan bagi siswa disekolah. Kekerasan guru terhadap siswa (anak) tidak dibenarkan dalam falsafah dasar pendidikan. Dalam skripsi ini, permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana pertanggungjawaban atas tindak pidana kekerasan yang dilakukan guru terhadap anak di sekolah menurut Pasal 80 Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 tentang tentang Perlindungan Anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum normatif yang didukung dengan data wawancara. Data dalam penelitian ini diperoleh dari literatur hukum, media dan wawancara dengan pihak-pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanggungjawaban atas tindak pidana kekerasan yang dilakukan guru terhadap anak di sekolah mengacu pada Pasal 76C Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa: "Setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan kekerasan terhadap anak." Sementara, sanksi bagi guru yang melanggar pasal di atas diatur dalam Pasal 80 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 dan sudah sepatutnya peserta didik di sekolah mendapatkan perlindungan dari perilaku kekerasan yang dilakukan guru berupa tindak kekerasan fisik maupun psikis.Bagi para guru disarankan untuk sebisa mungkin selalu dapat mengendalikan diri atau mengontrol diri ketika menghadapi kenakalan siswa di sekolah ataupun perilaku siswa lainnya yang dapat menjadi stimulus bagi guru untuk melakukan tindak kekerasan. Sebaiknya para guru juga tidak menggunakan cara-cara yang mengarah pada kekerasan terhadap siswa dalam mendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:59
Last Modified: 05 Jul 2018 01:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item