HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI KELUARGA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN KRITIS DI RS SUMBER WARAS JAKARTA BARAT NOVEMBER 2019

SARI, INDAH PURNAMA (2020) HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI KELUARGA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN KRITIS DI RS SUMBER WARAS JAKARTA BARAT NOVEMBER 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap hari trend rerata pasien intensive care unit (ICU) meningkat, termasuk di Indonesia. Selama perawatan intensif pasien dan keluarga pasien memiliki berbagai kebutuhan di ICU. Berdasarkan kebutuhan tersebut, peneliti mengelompokkannya ke dalam care, hope, information, participation, dan assurance. Agar kebutuhan tersebut terpenuhi maka diperlukan adanya dukungan dan keterlibatan anggota keluarga pasien. Jika kebutuhan terpenuhi maka akan berdampak pada kepuasan keluarga pasien. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara partisipasi keluarga terhadap tingkat kepuasan keluarga pasien kritis di ruang intensif RS Sumber Waras Jakarta Barat. Desain penelitian ini menggunakan studi deskriptif dan analitik dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Uji korelasi pearson Chi- Square digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel. Didapatkan nilai rerata partisipasi dan kepuasan keluarga pasien sebesar 4.0-4,3 dari 5 berdasarkan skala Likert. Dari 49 responden, sebanyak 29 responden memiliki tingkat partisipasi tertinggi dalam information dan sebanyak 34 responden memiliki tingkat kepuasan tertinggi dalam assurance. Partisipasi care, hope, information, participation, dan assurance memiliki hubungan positif yang bermakna terhadap kepuasan partisipasi keluarga pasien dengan pengaruh yang diberikan masing- masing sebesar 42%, 56%, 51%, 49%, dan 49%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keluarga pasien memiliki tingkat partisipasi dan kepuasan partisipasi cukup hingga sangat tinggi. Terdapat hubungan positif yang bermakna antara partisipasi keluarga terhadap tingkat kepuasan keluarga pasien di RS Sumber Waras Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Helmi, Mochamat
Uncontrolled Keywords: partisipasi keluarga, kepuasan keluarga, pasien kritis, perawatan intensif
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:42
Last Modified: 27 May 2024 14:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29360

Actions (login required)

View Item View Item