HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN SINDROM PRAMENSTRUASI PADA SISWI KELAS VII-IX DI SMP KATOLIK RAJAWALI MAKASSAR PERIODE JANUARI 2020

THANOS, IMELDA (2020) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN SINDROM PRAMENSTRUASI PADA SISWI KELAS VII-IX DI SMP KATOLIK RAJAWALI MAKASSAR PERIODE JANUARI 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sindrom Pramenstruasi (PMS) merupakan kumpulan gejala fisik, psikologis, dan emosi, yang dialami wanita pada 7-12 hari sebelum menstruasi akibat perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus ovulasi. Selain faktor fisiologis, terdapatnya faktor psikologis seperti tingkat stress juga merupakan faktor risiko. Penelitian yang dilakiikan di SMP Katolik Rajawali Makassar pada bulan Januari 2020 ini merupakan studi analitik observasional dengan metode cross sectional dan melibatkan 157 siswi yang memenuhi kriteria inklusi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi sindrom pramenstruasi beserta tingkat stress dan hubungan tingkat stres dengan sindrom pramenstruasi pada siswi kelas VII-1X. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner mengenai tingkat stres dengan menggunakan PSS-10 (Perceived Stress Scale) dan derajat sindrom pramenstruasi menggunakan sPAF (The Shortened Premenstrual Assessment Form). Data yang didapat akan dianalisis menggunakan uji statistik Pearson Chi Square pada aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkannya hubungan antara tingkat stress dengan sindrom pramenstruasi dengan nilaip-value <0,001. Prevalensi siswi yang mengalami sindroma menstruasi sebanyak 99% dan mengalami stres sebanyak 100%. Kesimpulan dari hasil penelitian ialah didapatkan hubungan antara tingkat stress dengan sindrom pramenstruasi.Terdapatnya risiko pada siswi yang memiliki tingkat stress berat 3,835 kali lebih besar untuk mengalami sindrom pramenstruasi (RP=3,835). Peneliti memiliki saran untuk dilakukannya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor penyebab lain dari kejadian sindrom pramenstruasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mantu, Melani R.
Uncontrolled Keywords: Tingkat Stres, Sindrom Pramenstruasi, Siswi SMP.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:42
Last Modified: 27 May 2024 14:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29363

Actions (login required)

View Item View Item