Perlindungan hukum rterhadap pengguna jasa pengiriman barang dengan menggunakan ojek berbasis online berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen (studi kasus pt. go-jek indonesia).

Wicaksono, Alvin Agung (2021) Perlindungan hukum rterhadap pengguna jasa pengiriman barang dengan menggunakan ojek berbasis online berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen (studi kasus pt. go-jek indonesia). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Abstrak Tesis_Alvin Agung Wicaksono_207191004.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Cover Tesis_Alvin Agung Wicaksono_207191004 2.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Daftar Isi_Alvin Agung W_207191004.pdf

Download (53kB)

Abstract

PT. Go-Jek Indonesia adalah salah satu pelaku usaha yang menyediakan pelayanan ojek berbasis online. Go-send merupakan salah satu fiture yang memiliki fungsi untuk mengantarkan barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan ojek namun tetap dalam satu daerah. Perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen harusnya menjadi hal terpenting yang harus di perhatikan oleh pelaku usaha. Namun pada kenyataanya konsumen mendapatkan kerugian berupa hilangnya barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum serta pertanggungjawaban pihak PT. Go-Jek terhadap hilangnya barang. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dan juga melalui pendekatan perundang-undangan. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan menempatkan UUPK dan Undang-Undang lainya sebagai literature dan data primer berupa wawancara terhadap pihak gojek serta korban kehilangan barang tersebut. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa gojek sebagai pelaku usaha belum bisa memberikan hak-hak konsumen secara sepenuhnya, karena dalam hal ganti kerugian yang diberikan tidak sesuai dengan kerugian yang dialami konsumen atau tidak sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 pasal 19 ayat (2) dimana seharusnya penggantian barang dan/atau jasa yang sejenis atau setara nilainya, serta tenggang waktu pengembalian uang yang tidak sesuai dengan pasal 19 ayat (3), maka dalam hal ini PT. Go-Jek Indonesia belum memberikan secara seutuhnya atau sepenuhnya perlindungan hukum terhadap konsumen sehingga kepastian hukum belum dapat dirasakan oleh konsumen. Kata Kunci :Perlindungan Hukum, PT. Go-Jek Indonesia, Pertanggungjawaban

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M., M.Kn.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, PT. Go-Jek Indonesia,Pertanggungjawaban
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 24 May 2021 02:50
Last Modified: 24 May 2021 02:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29365

Actions (login required)

View Item View Item