PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN IBU SEBAGAI FAKTOR RISIKO GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK 3-24 BULAN DI 3 PUSKESMAS JAKARTA BARAT JANUARI- MARET 2020

FELISIA, ANGEL (2020) PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN IBU SEBAGAI FAKTOR RISIKO GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK 3-24 BULAN DI 3 PUSKESMAS JAKARTA BARAT JANUARI- MARET 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan seorang anak terutama pada masa awal-awal kehidupan yaitu dari dalam janin hingga usia 2 tahun merupakan periode yang sangat penting dalam perkembangan karena paling pesat pada otak manusia yang disebut Masa emas (Golden period), Jendela kesempatan (Window Opportunity) sekaligus Masa kritis (critical Periode). Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan seorang anak, salah satu faktor resiko terjadinya perkembangan anak yang terlambat adalah pekerjaan dan pendidikan ibu. Penelitian yang dilakukan di 3 puskesmas di wilayah kerja Jakarta Barat pada bulan Januari-Maret 2020 ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan dan pekerjaan ibu sebagai faktor risiko gangguan perkembangan anak. Penelitian ini merupakan studi analitik observasional dengan metode cross sectional. Subyek pada penelitian ini sebanyak 186 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Kuisioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat 32 anak yangmendapat hasil KPSP kurang dan meragukan. Rata-rata pendidikan dan pekerjaan ibu di 3 puskesmas wilayah Jakarta Barat adalah Sekolah Menengah Atas dan Ibu Rumah Tangga. Tidak didapatkannya hubungan pendidikan dan pekerjaan ibu dengan gangguan perkembangan seorang anak (p-value >0,05). Terdapat faktor risiko antara pekerjaan ibu yaitu 1,156 kali lebih tinggi (PR = 1,156) dan terdapat faktor risiko antara pendidikan ibu sebesar 1,292 kali lebih tinggi (PR= 1,292) terhadap gangguan perkembangan anak. Saran peneliti adalah perlunya dilakukan penelitian lebih lanjut di fasilitas kesehatan yang lebih luas agar mendapat data yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mantu, Melani R.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan ibu, Pekerjaan ibu, Gangguan Perkembangan anak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:42
Last Modified: 27 May 2024 14:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29368

Actions (login required)

View Item View Item